Setenang Itu Saat Kakak Rebut Mainan Adik


Siapa disini yang jarak anak 1 dan 2 berdekatan??. Nah, kadang orangtua gemassss, saat kakak tiba-tiba merebut mainan adik dan mengira ini hanya urursan jealous. Padahal belum tentu. .

Jika kakak masih usia toddler (1-3 thn), cara ini merupakan usaha si kakak untuk “berelasi” dengan adik, mengembangkan kemampuan sosial (walaupun caranya belum 100% tepat ya 😊). Namun jika momen ini SERING terjadi bisa jadi tanda ada “kebutuhan” emosi yang tidak terpenuhi atau terpendam dan butuh disalurkan.

Bisa kita coba tips tips berikut ini:
- Jika keduanya tertawa, diamkan saja. Bayi bisa jadi merasa ini adalah permainan sehingga menjadi momen menyenangkan bagi keduanya.

-Deskripsikan apa yang terjadi, “adek lagi goyangin rattlesnya terus ktawa, kakak juga pengen cobain mainan adek, trus diambil mainan adek, adek kaget! Trus kakak goyaingin rattlesnya, adek ketawa lagi! Kakak ikut ketawa.. dst” Apa tujuannya? Karena kadang kakak (usia toddler) secara tidak sadar melakukannya, ia hanya berperilaku impulsive dan tidak memikirkan konsekuensinya. Dengan adanya deskripsi akan bantu anak untuk aware terhadap perilakunya. .

- Berempati. “Suara mainan adek lucu ya kak, kakak jadi pengen goyangin juga ya? Adek kaget tuh waktu kakak tiba tiba ambil mainannnya, kayaknya adek masih pengen main sama mainannya.. kira kira adek bakal ngomong apa ya kak kalau kita tanyain?”

 - Ajarkan bertukar mainan. Ajak kakak untuk mencari mainan pengganti sebelum mengambil mainan adik agar kakak bisa tetap mencoba mainan adik dan adik tidak menangis karena mainannya diambil.

Jika kakak terus merebut mainan adik, apapun yang dimainkan, artinya kemungkinan ia merasa adik sudah terlalu banyak “merebut” sesuatu darinya, termasuk orangtuanya. Maka orangtua bisa mulai meluangkan waktu untuk bermain dengan kakak (15 menit per hari cukup untuk waktu khusus kakak) dan memenuhi kembali teko “kebutuhan emosional” kakak.

Jika merasa butuh bertanya dengan psikolog anak kami untuk masalah ringan bisa menggunakan layanan #KonsultasiOnlineRC via WA Call 😊😊.

Selamat liburan ❤️

Posted By

0 comments