Obrolan "Modus" Mempersiapkan Kakak Untuk Kehadiran Bayi (Usia Kakak < 7 Tahun)



Alsya (2,5tahun) sebentar lagi akan punya adik. Ibu sedang mengandung 6 bulan. Ibu ingin saat adik lahir, kakak Alsya tidak merasa tergantikan dan sudah membangun bonding adeknya. Berikut obrolan santai ber- “modus” ibu: 

👩🏻‍🦱: “Alsyaaa... adeknya Alsya lagi apa ya di perut mama? Lagi emut jempol atau lagi dengeri Kakak Alsya nyanyi yaaaa?”
👧🏻:”Lagi mmmm...dengerin Alsya nyanyi..”
👩🏻‍🦱:”Adeknya Alsya kayanya suka nih dengerin kakak nyanyi. Adek udah bisa loh dengerin kakak lagi nyanyi. Dengerin kakak ngomong juga bisa. Kita kasih tahu adek mainan kakak yang baru yuk”
👩🏻‍🦱:”Ambil kak mainannya kak biar adek denger”
👧🏻: (Kakak ambil mainan dan datang lagi ke dekat perut ibu)
👩🏻‍🦱:” Nah adek kakak punya minan baru nih. Mainan apa nih kak, kasih tau ke ade. Bilangnya gini ke adek:”Ade ini mainan kakak namannya...”
👧🏻:”Adek, ini mainan kakak. Namanya LOL.”
👩🏻‍🦱:”Terus kasih tau adek, itu mainnya kaya gimana”
👧🏻:” Adek ini kan punya kakak. LOL. Ada mainannya kaya boneka gini”
👩🏻‍🦱:”Terus ada apanya bonekanta, ade mau tahu”
👧🏻:”Ada topinya, ada kacamatanya, terus bajunya warna pink, terus...(terus “pancing” kakak membicarakan tentang mainan barunya kepda adik bayi di dekat perut ibu)
👩🏻‍🦱:”Gitu dek. Mainan kakak bagus ya dek. Kaka Alsya, adek tadi bilang adek seneng banget denger suara kakak Alsya”
👩🏻‍🦱:(Sekarang, mama seakan-akan sdg bicara kepada bayi di depan kakak) “Hai Adek bayi, tadi denger kan, Kakak Alsya punya mainan. Adek pasti nanti seneng deh main sama kakak, soalnya kakak baik suka pinjemin mainan loh dek. Kakak juga pinter cerita. Ade beruntung banget nanti punya kakak Alsya yang suka ceritain adek nanti”.

Nah dari dialog di atas, ada tiga hal penting yang saya masukkan dalam dialog:
1. Ibu bicara pada bayi tentang beruntungnya bayi memiliki kakak sprti kk Alsya. Pastikan disaksikan kakak saat melakukan ini.
2. Menyebut bayi sebagai “Adeknya Alsya”, bukan hanya dedek bayi saja. Sebutan ini mengajak kakak untuk merasa memiliki adik bayi juga.
3. Mendorong kakak untuk mulai berinteraksi dengan bayi, seperti bercerita atau bernyanyi kepada bayi.

Hal lain yang bisa dilakukan:

Berikan calon kakak bayi mainan yang bisa ia rawat, perlihatkan foto-foto saat kakak bayi. Seringlah melakukan dialog “modus” seperti ini agar calon kakak sudah membangun hubungan dengan adik sejak di dalam kandungan.

Butuh bertanya pada psikolog anak kami tentang hal ini? Bisa melakukan layanan #KonsultasiOnlineRC ya 😊

Posted By

0 comments