Momen Emas Latihan Menghormati Hak Milik Saat Anak Rebutan Mainan


Ibu yang “terjebak” dalam pertengkaran kakak (5 thn) yang tidak mau kasih mobil-mobilan yang sedang ia mainkan kepada adik (2 thn) yang mulai menangis dan berteriak karena ingin sekali bermain dengan mobilan itu.

Yang terjadi ketika kakak HARUS mengalah:
Kakak​: Adeek!! Kakak lagi main! Jangan gangguin kakakk!
Adik​: Ibuuu… mau mobiiil… (mulai menangis dan nunjuk ke mobil punya kakak)
Ibu​: Kakak, ngalah dong… kakak kan udah besar, kasian sama adik dong kak, nanti mamah beliin lagi aja yang baru ya
Kakak​: NGGAK MAU! IBU JAHAT! IBU BELAIN ADEK TERUS, IBU NGGAK SAYANG SAMA KAKAK! .
.
Dan yang terjadi ketika ibu bersikap “adil” 
Kakak​: Adeek!! Kakak lagi main! Jangan gangguin kakakk!
Adik​: Ibuuu… mau mobiiil… (mulai menangis dan nunjuk ke mobil punya kakak)
Ibu​: (mendekat ke keduanya, duduk sejajar dengan anak, berada di tengah merangkul keduanya) Kakak sama adek mau mainin mobil ini ya.. tapi kakak yang pegang duluan, kakak lagi main, adek tunggu sampai kaka selesai main.. gantian ya.. (sambil mendekat ke adik bersiap menerima “protes”)
Kakak​: (berpikir ibu tidak pilih kasih, memberi kesempatan kakak untuk main duluan dan jadi lebih “rela” jika nanti harus bergiliran mainan dengan adik)
Adik​: NGGAK MAU HUAAAAAA (nangis menjerit)
Ibu​: (Tarik napas, stop, drop, and breathe! Lalu dengan suara netral katakan… ) iya adek sebel ya harus nunggu, yuk sayang sambil nunggu kakak main, kitaaa bikiiinnnnn mobilan dari pasir yuk cetak cetak pasiirrrr (sambil menyiapkan mainan pasir dan mulai heboh bernyanyi “wheels on the bus” lagu kesukaan adik)
Adik​: (berhenti menangis, melirik dan mendekat ke ibu).. .
.
Mungkin setelah ini kita berpikir apakah tidak kemudian mengajarkan kk jadi egois? Tentu tidak jika setelah kejadian kita certikan pada kakak pentingnya sharing terutama apa yang orang lain akan rasakan dengan sharing tersebut 😊😊. .
.
Mungkin juga ada yg mengatakan “realita tidak smudah itu”, tapi apa yang kami sampaikan disini sudah kami coba & amat mungkin dilakukan. Namanya juga manusia, adakalanya kita tidak menjadi the best version of us.
Salam hangat,
Psikolog Anak @belindagustya
#psikologanakjakarta
#kliniktumbuhkembangjakarta 
#siblings

Posted By

0 comments