Saat Anak Mulai "Nge-Gas"


Suatu malam, saat ibu sudah pulang kerja dan asik dengan kerjaannya, Dinta (3 tahun) yang seharian sudah kangen ibu sebenarnya ingin main sama ibu, tetapi merengek ngegas minta coklat agar mendapat perhatian ibu. Perkembangan berpikirnya yang masih sederhana di usia 3 thn ini, membuatnya hanya tahu cara ini untuk mendapat perhatian ibunya 🙁🙁

👧🏻​: “Mamaaaa aku mau cokelaaaaattt” (di tengah malam, padahal anak juga baru makan dan sudah kenyang)
🧕🏻​: (ibu langsung meletakkan kerjaannya, mendekat ke arah Dinta, siap memeluk, lakukan kontak mata) “kamu mau cokelat ya sayang… mau banget… tapi enggak ya nak.”
👧🏻​: “pokoknya mau cokelatttt sekaranggg!!” (Mulia ngegas dan menangis, gak mau dipeluk ibu)
🧕🏻​: (ibu memberi jarak dari Dinta, tidak paksa memeluk namun tetap di samping Dinta) “Ooo.. kesel mama gak kasih.. (Teknik Refleksi Perasaan) “Iya sayang kamu mau cokelat (menerima apa yang jadi keinginan anak), tapi tadi siang Dinta uda banyak makan cokelat jadi tidak ada cokelat malam ini” (namun tetap stick pada aturan) “Iya..kesel mama gak kasih..”
👧🏻: “NGGAK MAUU AKU MAU COKELATT POKOKNYA COKELAAT” (semakin nangis berteriak dan mulai nendang ibu)
🧕🏻​: (sigap menahan kaki Dinta) “Dinta boleh marah, tapi tidak nendang , mama sakit ya.. mama tunggu disini sampai Dinta tenang (temani ia, jangan tinggal, nada suara netral, jaga jarak agar tidak terpukul, dan “mengizinkan” ekspresi emosi yang tidak membahayakan orang lain)
👧🏻​: (selama beberapa saat, bisa hampir 1 jam,masih menangis, sesenggukan. Temani saja hingga tenang.)
🧕🏻​: “Kamu lagi sedih banget ya sayang, kangen ya sama mama.. maaf ya mama malah kerja ya pas ada di rumah” (berusaha membaca situasi sebelum Dinta mulai mengamuk dan minta cokelat, tersadar kalau mungkin anak kangen dan ibu malah sibuk kerja).

Terkadang, anak meminta hal- hal yang dilarang orangtua karena sebenarnya ia butuh perhatian dari orangtuanya. Maka orangtua perlu jeli membaca situasi dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dasar anak yang tidak terpenuhi.

Salam,
Psikolog Anak & Remaja @belindagustya , M.Psi., Psikolog

Posted By

0 comments