Tenangkan Diri Sebelum Tenangkan Anak


Kalau anak sedang tantrum, rasanya jadi ingin ikutan senewen juga ya? Akhirnya bisa jadi ujung-ujungnya malah memarahi anak, nangis sendiri karena merasa tidak kompeten dalam mendidik anak, atau justru mendiamkan tapi dengan perasaan yang mendongkol. .


Nah hal tersebut dapat dihindari dengan TIDAK fokus pada solusi untuk secepatnya mendiamkan anak yang sedang tantrum. Apalagi kalau kejadiannya di tempat umum, ada hasrat dalam diri untuk secepatnya mendiamkan anak yang sedang tantrum dan tidak menjadi tontonan publik ya? Tapi karena keinginan untuk mendapatkan solusi instan itu, yang mungkin menyebabkan orang tua tidak tenang dan malah menambah tantrum anak. 
Jadi langkah pertama adalah : menenangkan diri sendiri terlebih dahulu. Bukan hal yang mudah memang. Tapi bisa dimulai dengan menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya. Setelah itu, ingatkan diri bahwa tujuannya adalah menenangkan anak, bukan untuk meningkatkan tantrumnya. .

Lalu, jika anak mengatakan hal-hal seperti ‘aku benci mama!’, tidak perlu dimasukkan ke hati, karena itu bukan hal yang benar-benar ia rasakan, ia sedang marah. 
Nah setelah melakukan itu semua, apakah sudah lebih tenang, dan lebih siap dalam menghadapi tantrumnya si kecil? 
Selamat mencoba ya, Ayah dan Ibu 😊

Salam,
Devi Raissa, M.Psi., Psikolog

P.S Bagi yang ingin bertanya dengan psikolog anak kami bisa memanfaatkan layanan #KonsultasiOnlineRC ya 😊😊. Konsul via WA Call

Posted By

0 comments