Mencegah Aksi Bullying Sejak Dini


SEDIH banget lihat ada suporter bola dibully rame-rame sampai meninggal!!! Kita sebagai Psikolog Anak gk bisa diam aja! Kita terus mau tekankan pada orangtua bahwa ada benang merah antara perlakuan kita kepada anak saat dia bayi dengan akan jadi orang dewasa seperti apa dia nantinya (termasuk suka bully orang lain atau gak).

Apa yang membuat anak baik kemampuan sosialnya sejak usia dini? 
Kemampuan sosial seorang anak (berteman, berkompromi, empati, GAK Bully) berakar dari attachment yang secure waktu bayi atau bagaimana orangtua berespon pada kebutuhan bayi sehingga ada ikatan emosional yang membuat bayi merasa aman. Silahkan baca highlite “Attachment” utk penjelasan lengkapnya. 

Sayangnya banyak orangtua yang tidak tahu bahwa pembentukan attachment ini dibentuk dari sejak lahir hingga usia 2 tahun. Singkat sekali, namun efeknya mempengaruhi perkembangan anak dalam berelasi sampai ia besar. .
Memang sulit dipercaya, tapi bayi yang dianggap tidak berdaya telah memiliki kemampuan untuk memahami apakah kebutuhannya akan ikatan emosional terpenuhi.
.
.
Begitu anak sudah yakin bahwa kita akan hadir saat mereka membutuhkan, mereka jadi bisa lebih fokus untuk "mengembangkan" kemampuan dalam diri mereka, termasuk kemampuan menjadi pribadi yang bagus kemampuan sosialnya, termasuk bisa nahan marah dan tidak suka bully.

Jika anak belum merasa ajeg/ belum merasa yakin bahwa orangtuanya akan hadir saat ia butuhkan, maka anak akan lebih sibuk mengisi keyakinannya yg kosong itu dengan mencari perhatian dan “approval” yg tak kunjung ia dapatkan untuk merasa secure atau yakin. Karena ia lebih sibuk mencari approval orangtua, ia jadi tidak bisa fokus mengembangkan kemampuan dirinya.

Anak kita perlu yakin dalam hatinya that we're available and ready anytime they need our guidance.

Sekarang bagaimana attachment kita di rumah? Jika merasa butuh mengecek ikatan emosional dengan anak bisa melakukan #CekUpIkatanEmosional dgn psikolog anak kami. Pastikan kita sedang ada di track yang tepat.

Psikolog Anak Devi Sani,M.Psi,Psi 
Sumber: Peaceful Parent, Happy Kids-Dr.Laura Markham

Posted By

0 comments