Kunci Sukses Anak Ikut Arahan Orangtua


Kunci sukses menjadikan anak lebih mudah diberi arahan/ diajak bekerja sama adalah:
Anak merasa disayang,diperhatikan dan merasa connected dengan orangtuanya.

Ingatlah selalu: "Love always comes BEFORE discipline". Akan sangat sulit sekali meminta anak untuk ikut arahan dan aturan dalam rumah kita jika ia belum merasa connected dan belum merasa disayangi oleh caregivernya.

Problem, orangtua merasa sudah menyayangi dan memperhatikan tetapi anak belum tentu merasakan hal yang sama karena perbedaan sudut pandang (children point of view and parent point of view). Jangan khawatir, ada beberapa hal yg bisa dilakukan yg dapat membuat anak merasa connected dgn orangtua sekaligus merasa dicintai berdasarkan CHILDREN point of view, antara lain: .

- Berikan anak waktu CHILD-LED PLAY (anak memimpin permainan) dengan anda tetap ada disampingnya mengobservasi. Anak yg memimpin permainan, ia bebas bermain apa saja, anda hanya mengobservasi lekat didekatnya, dan ikut berpartisipasi saat ia minta saja. Perhatikan setiap permainannya, singkirkan hp/tv/pekerjaan lain. Hindari meminta anak utk 'perform' apa pun di waktu ini (co."merah mana de?"," gajah mana de?"). Dengan begini anak mendapat pesan: "I don't have to perform anything to get my parent attention". Aktivitas ini tidak perlu dilakukan terlalu lama, bahkan 10 menit/hari pun cukup jika kita benar2 memberi atensi penuh terhadap anak. Setelah itu, ia bisa kita tinggalkan utk bermain sendiri di area yg aman tentunya. .

- More listening, less questioning. Tanpa disadari orangtua bisa mengajukan 25 pertanyaan pd anak hanya dlm waktu 5 menit bermain. Tentu kita sendiri risih jk ini terjadi pada kita. Untuk menggali lebih banyak ceritanya bisa dengan merefleksi (mengulang kembali kata-kata anak). .

Salam, 
Devi Sani,M.Psi, Psikolog

Posted By

0 comments