"Kesempatan Kedua" Membangun Attachment Dengan Anak


Di tiga tahun pertama kehidupan anak adalah masa masa penting untuk membangun kedekatan emosional yang kuat dengan anak? Atau biasa disebut dengan pembentukan attachment yg secure pada anak? Hmm apa itu attachment?

Sederhananya, attachment adalah ikatan emosional antara anak dan orang terdekatnya yaitu orang tua dimana anak tahu bahwa ia bisa mengandalkan kedua orangtuanya ketika berada di situasi yg tdk nyaman.. Penting adanya agar anak dan orangtua memiliki pengalaman yg menyenangkan karena pengalaman yg ia rasakan ketika bersama orangtua adalah sebuah langkah awal seorang anak memandang dunia.. .

Ketika dunia keluarga dirasa responsif dn memberi rasa aman kepada anak, tentu anak akan lebih berani menghadapi dunia di luar keluarga.. ia akan tampil percaya diri, mudah beradaptasi, dan menjadi pribadi yg menyenangkan ketika berada di lingkungan sosial karena ia sudah memiliki 'rumah' untuk pulang ketika ada hal yg tidak menyenangkan terjadi padanya.. .

Lalu apa yg harus dilakukan saat anak sudah melewati usia itu namun merasa sepertinya ayahibu kurang banyak meluangkan waktu untuk membangun kedekatan itu? (Mungkin krn sibuk bekerja, harus tinggal terpisah dr anak, dsb) .
Orangtua memiliki “kesempatan kedua” untuk kembali membangun attachment.


“Kesempatan kedua” itu adalah program yang berisi aktivitas-aktivitas sederhana “penyubur” ikatan emosional dimana orangtua dan anak akan diajak untuk membangun kembali kedekatan emosional itu melalui #bermain.. anak akan mendapatkan lagi pengalaman disayang,diperhatikan,dipenuhi kebutuhannya dan menjadi spesial ketika bersama orangtua.. dengan permainan yg sederhana. .
.
Dengan aktivitas ini, akan terbangun kembali rasa nyaman, rasa aman dan kedekatan diantara orangtua dan anak... anak akan menjadi lebih tenang dan mau mengikuti arahan dr orangtua karena percaya bahwa orangtuanya dapat memberikan rasa aman baginya
_____________________
Merasa butuh untuk mengetahui aktivitas-aktivitas “penyubur” ikatan emosional dengan anak/bayi? Bisa mengikuti...#CekUpIkatanEmosionalbersama psikolog anak kami. Silahkn WA nomer d bio

Salam main,
Psikolog Anak @belindagustya

Posted By

0 comments