Elemen Penting Bagi Tumbuh Kembang Bayi



Mana yang lebih baik, (A) selalu menggendong bayi kemana pun, selalu dekat secara fisik, tapi lebih sering sibuk sendiri, jarang menatap bayi meskipun bayi dibawa terus mengikuti kemana kesibukan ibunya ATAU (B) selalu ada alokasi waktu khusus setiap hari, rutin, dimana kita benar-benar mencurahkan perhatian untuk bayi/anak tanpa ada gangguan hp/TV/anak lain. Kita 100% hadir untuknya dalam 2-3x 30 menit per hari dalam hidupnya? (Silahkan pilih di comment ya😊). Tapi tentu saja ada pilihan (C) yang paling terbaik, yaitu sering dekat secara fisik dan ditambahkan ada beberapa waktu dalam sehari kita memberikan perhatian 100% untuknya. Pilihan C inilah yang perlu dikejar oleh setiap orang tua, ibu utamanya dalam 3 tahun pertama perkembangan attachment anak.

Kedekatan emosional dengan anak penting juga memiliki unsur interaksi hangat, selain kedekatan fisik. Kalau salah satunya hilang, maka kedekatan emosional belum tentu tercipta. Bahkan ada 4 unsur yang perlu ada saat berhubungan dengan anak hingga bisa dikatakan ikatan emosional bisa tumbuh. Jika 4 elemen ini ada, bunga “ikatan emosional” tumbuh subur.

Jika merasa perlu untuk tahu empat elemen tersebut untuk menjalin ikatan emosional dengan anak bisa mengikuti #CekUpIkatanEmosional bersama Psikolog Anak kami. Bisa WA untuk membuat janji ya😊😊

Posted By

0 comments