Disiplin Tanpa Bentakan (Part II)


Sebagian orangtua percaya bahwa anak perlu hukuman untuk mengajarkan perilaku. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Anak belajar bagaimana cara berperilaku dari apa yang kita contohkan sehari-hari. Cara kita bilang terima kasih, maaf,dsb”.
Jika anak suatu waktu tidak paham perilaku yang seharusnya dilakukan, maka ajari ia, bimbing ia di dunia yang baru ia kenal ini, bukan menghukum.

Untuk anak dibawah 1tahun, kita sudah bisa menaruh fondasi agar anak mau bekerja sama tanpa ancaman dan hukuman. Berikut ha yang dapat diterapkan:

1. Memberi bimbingan karena anak belum tahu konsep bahaya
2. Membatasi saat bahaya saja karena tugas anak di usia ini eksplorasi
3. Di usia ini lebih baik membuat aman lingkungan daripada lebih banyak bilang “No” pd bayi
4. Minimalisir frustrasi bayi saat mengajari ia. Mendengar suara tenang orangtua saat melarang akan lebih membantu bayi lebih bersabar.

Kebiasaan di atas juga melatih orangtua untuk tidak terbiasa menghukum anak sejak dini. .

Intinya anak akan kooperatif jika merasa “connected” dan dimengerti oleh orangtua. Tanpa koneksi yang kuat, anak akan selalu merasa tidak secure, kemudian otak mereka tidak bisa bekerja optimal untuk meregulasi emosi dan kooperatif dengan arahan orangtua. Karena anak bisa menahan marah juga ada pengaruh kerja otak disitu.


Jika merasa butuh mengetahui perlakuan apa saja yang dapat menguatkan ikatan emosional orangtua dengan bayi bisa melakukan #CekUpIkatanEmosionalbersama psikolog anak kami. Bisa utk usia bayi hingga 14tahun.

Posted By

0 comments