Disiplin "Instan" Yang Berdampak Negatif


Kalau mengajarkan anak dengan hukuman atau ancaman atau bentakan anak jadi cepat menurut?. Pada kenyataannya memang iya sih TAPI yg sebagian besar klien saya rasakan, patuhnya tidak bertahan lama. Misalnya nih satu klien saya ini, papanya memang mengajarkan dengan kontrol yg cukup kuat. Begitu papanya pergi, ia langsung melakukan hampir beberapa larangannya seperti melanggar jam pulang malam waktu SMA.

Dan,sesuai dengan hasil penelitian di dunia psikologi bahwa ancaman, hukuman dn bentakan secara jangka panjang tak terasa sedikit demi sedikit merenggangkan hubungan anak dgn orangtua serta menambah kecemasan dan merendahkan harga diri anak.

Beda lagi dengan ibu klien yg banyak mendisiplinkan dengan loving guidance. Bisa dibilang ibu klien hanya pernah membentak 2x waktu ia kecil. Sisanya adalah semuanya loving guidance. Nah ini dia yg membuat klien ini "tidak sampai hati" kalau harus berperilaku mengecewakan orangtua hingga akhirnya tumbuhlah self-discipline, yaitu saat orangtua lagi gk ada, kemudian teman di sekolah ada yg mengajak berperilaku negatif seperi bolos, nyontek, coba2 narkoba, sang klien langsung teringat loving guidance yg sudah diberikan sejak kecil oleh ibunya. Sehingga membuat klien (anak) berdisiplin sendiri meski ortu tidak melihat dan tidak mengawasi langsung.

Jadi kalau ada orangtua yg bilang "aduhh kan lama kalau mesti ber #disiplinpositif , mending di ancem anaknya langsung nurut,INSTAN!, berarti tidak ingin mendapatkan hasil jangka panjang yg amat berharga yaitu self-discipline: anak tetap berperilaku positif meski tidak ada orangtua dan berarti harus siap anak merasa agak jauh dgn ortunya. Bukan berarti peringatan tidak boleh sama sekali. Tapi perlu dipilih betul mana yg memang penting untuk kita beri warning misalnya: "Ade, awas jalan saja kalau di tempat ramai nanti kepisah dari mama". Hal ini lebih terasa sebagai warning drpd ancaman bagi anak.

Sekarang, tinggal kita mau pilih yg mana: Anak disiplinya “instan” (pas di depan ortunya saja) atau disiplin jangka panjang (tanpa ada kita pun dia tetap berperilaku positif)? Life is about choices parents.

Psikolog Anak Devi Sani

#byebentak

Posted By

0 comments