Contoh Tegas Tapi Tetap Sayang


Di usia 1-3 tahun, anak mulai mengembangkan sense of power untuk menghadapi dunia dan akan lebih sering mengatakan “tidak!” sehingga di fase ini, orangtua akan berjuang mengarahkan anak. Oleh karena itu, disiplin yang tepat untuk toddlers adalah empathic limits. Katakan, “Iya, kamu kesel ya mama gak kasih nonton HP. Tapi tetep gak boleh ya nak, HP untuk orang dewasa seperti mama dan papa”, dengan nada suara biasa saja. Anak akan menangis keras dalam beberapa waktu, namun nantinya ia akan bisa beralih ke hal lain.

Contoh kedua:
Manda usia 2tahun terlalu excited melihat efek yang terjadi akibat cipratan air yg ia buat ketika sedang mandi lalu membuat air luber hingga keluar kamar mandi

Ibu melakukan arahan dulu di awal:
"Manda,air tetap ada di kamar mandi,manda bisa gak nyipratin airnya kayak gini nih? (ibu beri contoh)" Saat anak tdk ikuti arahan, ibu berikan arahan berikutnya dgn tenang "Manda,tolong berhenti cipratin airnya atau manda ibu angkat dr bak mandi skrg?" dengan nada suara netral. 
Kemudian,jika anak marah katakan "manda marah bgt ya. Manda ga mau keluar dr bak mandi, manda suka cipratin air.. Tapi itu ngotorin ruangan nak..sudah ya (sambil angkat anak). Manda marah diangkat, ibu tau. Kalau sdh pakai baju nanti ibu bacakan buku cerita yuk"

Intinya limit tetap ada namun disampaikan dgn cara yg tenang, jangan lupa refleksikan perasaan anak saat ia marah atau sedih. Meskipun kalimatnya agak panjang utk anak 1-2thn awal tapi anak usia ini sudah bisa menerka dari nada suara. Paling penting adalah anak menangkap nada bicara biasa saja dari orangtuanya ketika memberi batasan. Ketika nada suara kita saat memberi batasan biasa saja, disitulah kita seakan mengatakan “iya mama tau kesel ya lagi asik-asik main diberhentiin”. Kalimat panjang ini terwakili oleh nada suara kita yang santun/ biasa saja ke anak.

Selamat mencoba yaa keluarga Indonesia 😊

Salam,
Belinda Agustya,M.Psi.,Psikolog

Sumber: Peaceful Parent, Happy Kids by Dr.Laura Markham

#TeknikEmpati

Posted By

0 comments