Bayi Yang Berganti-Ganti Pengasuh Utama


Apa yang Anda rasakan saat pertama kali ke tempat asing? Misalnya saat pertama kali kuliah ke luar kota. Atau pertama kali masuk kerja. Akan menyenangkan jika saat itu ada seorang teman yang mendampingi Anda untuk bersama-sama melalui dunia yang asing itu. Membuat Anda untuk lebih nyaman berada di dunia tersebut. Tentu hal tersebut akan membuat Anda lebih mudah beradaptasi dan membuat Anda lebih mungkin merasakan pengalaman menyenangkan di lingkungan tersebut. .

Nah bayangkan skenario lain ketika ada orang yang baik ke Anda. Tapi ia hanya bisa menemani Anda beberapa jam saja. Selanjutnya ia akan kembali bergaul dengan teman yang lain. Berapapun banyaknya orang baik seperti itu ke Anda, namun jika kehadirannya tidak ajeg dan silih berganti, mau tidak mau bisa menimbulkan perasaan kesepian. Atau menimbulkan kecemasan, sampai kapan ya ia akan baik ke saya dan selanjutnya meninggalkan saya untuk kembali ke teman-temannya? Atau akan ada lagi tidak ya orang baik yang mau menemani saya? 
Jadi akan lebih baik jika ada satu atau sedikit orang baik yang menemani, dibandingkan banyak orang baik yang datang silih berganti, tanpa ada kepastian waktu.

Deskripsi di atas kira-kira kurang lebih menggambarkan apa yang dirasakan bayi. 
Saat bayi keluar dari rahim ibunya, ia akan dihadapkan dengan dunia asing. Akan sangat menyenangkan jika saat itu, ia bisa berpegangan pada sosok ajeg yang menyediakan kebutuhannya, baik fisik maupun emosional. Yaitu Ibu dan Ayahnya. 
Jika saat bayi ada banyak pengasuh utama kemudian seringkali berbeda-beda orang tiap saat, hal tersebut bukannya tidak baik, namun tentu bisa menyebabkan anak bingung dan mungkin cemas, akan siapa yang biasa ia percayai secara ajeg. 
Mirip seperti perasaan yang dideskripsikan di paragraf awal. .

Jadi untuk menjawab pertanyaan utama bayi tentang : apakah dunia ini adalah dunia yang aman dan menyenangkan? 
Yuk Ayah dan Ibu 'hadir' baik secara fisik maupun emosional untuk bayi. Dan seminim mungkin menghadirkan pengasuh-pengasuh 'utama' lain dalam hidup bayi 😊😊

Salam,
Devi Raissa M.Psi., Psikolog @deviraissa

Posted By

0 comments