Apa Yang Terjadi Di 3 Tahun Pertama Kehidupan Anak?



Tahukah bunda-ayah bahwa di 3 tahun pertama kehidupan anak merupakan masa masa penting dimana anak mengembangkan persepsi mengenai dirinya sendiri dan membentuk pandangan mengenai lingkungan di sekitarnya? .

Ketika orangtua dapat memberikan 
pengalaman yang hangat, menyenangkan, responsif terhadap kebutuhan anak maka anak akan mengembangkan persepsi bahwa dirinya adalah sosok yg berharga, lovable, special, kompeten dan dapat memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan di sekitarnya.

Sebaliknya ketika pengalaman yg dirasakan anak dengan orangtua adalah pengalaman yg dingin, penuh kemarahan, dan ortu tidak responsif terhadap kebutuhan anak maka anak akan mengembangkan persepsi bahwa ia adalah anak yg tidak berharga, tidak dicintai sehingga cenderung merasa bahwa lingkungan tidak aman bagi dirinya. .


Dampaknya, anak akan berusaha menciptakan rasa aman bagi dirinya dengan menolak ikuti arahan dan cenderung berperilaku oposisi ketika mendapat instruksi dr orang dewasa .


Lalu bagaimana memberikan pengalaman menyenangkan tsb? Ya, lewat bermain! Ketika bermain, akan tercipta atmosfer yg menyenangkan antara ortu dan anak, ortu akan berusaha memenuhi kebutuhan anak saat bermain sehingga anak akan merasa dicintai, berharga, dan mengalami kembali pengalaman menyenangkan bersama ortu shg pandangan thdp dunia jd lebih positif.

Nah salah satu metode bermain yaitu #theraplay akan membantu ortu untuk melakukan aktivitas bermain yg menyenangkan bersama anak.. Yuk main!

Salam,
Belinda Agustya,M.Psi.,Psi. 

Sumber: Theraplay by Booth and Jernberg

Posted By

0 comments