4 Alasan Balita Tetap Melakukan Hal yang Dilarang

Empat Alasan balita tetap melakukan yg dilarang orangtua: 1. Otaknya masih berkembang. Ia masih belajar cara menenangkan diri sendiri. Perlu diingat otak yang mengatur kemampuan berpikir rasional belum berkembangan sempurna di usia ini. Pada usia balita, otak balita yg bertugas untuk meregulasi emosi mereka ketika mereka kesal sebenarnya masih berproses untuk terbentuk sempurna. Makanya ketika mereka la [...]

Latihan Menjadi Orangtua Tegas Dengan Cinta

Disiplin yang tepat untuk bayi adalah dengan memberikan arahan dan batasan pada perilakunya DEMI keamanan dan keselamatan mereka. Bukan DEMI tenangnya kecemasan orangtua semata (mana suaranya tipe orangtua pencemas?). . Mengapa? Karena di usia 0-13 bulan ini, merupakan masa-masa awal bayi mengenal dunia dan proses belajar bayi adalah ketika bayi itu memegang, mendengar, melihat dan bergerak benda sungg [...]

Contoh Disiplin Tanpa Menghukum

Kisah Sang Ayah yang Baru Belajar Sabar 👦🏻: “Beli mainan” 🧔🏻: “Kan udah perjanjian gak beli mainan tadi sebelum pergi” 👦🏻: “Beli!!!!” 🧔🏻: “Enggak nak, maaf ya. Tadi janjinya gak beli mainan” 👦🏻: “Huaaa..huaaa” 🧔🏻: "Ade nangis ya papa gak bolehin beliin mainan itu, tapi tetep gk boleh ya nak karena sudah janji hari ini gak beli mainan”. ( “Jurus” ke-1:  #TeknikEmpati  pada perasaan anak dulu. [...]

Contoh Tegas Tapi Tetap Sayang

Di usia 1-3 tahun, anak mulai mengembangkan sense of power untuk menghadapi dunia dan akan lebih sering mengatakan “tidak!” sehingga di fase ini, orangtua akan berjuang mengarahkan anak. Oleh karena itu, disiplin yang tepat untuk toddlers adalah empathic limits. Katakan, “Iya, kamu kesel ya mama gak kasih nonton HP. Tapi tetep gak boleh ya nak, HP untuk orang dewasa seperti mama dan papa”, dengan nada [...]

Bantu Anak Meregulasi Emosi

Menjadi orang tua yang mencintai anak itu adalah hal utama, tapi tidak cukup untuk membesarkan anak yang mampu meregulasi diri. Anak perlu bantuan orang tua menghadapi emosi yang ‘menantang’, seperti : cemburu, marah, dan takut. Emotional intelligence dimulai dari kemampuan anak untuk menenangkan diri dari emosi negatif. Beberapa anak terlahir dengan kemampuan lebih untuk meregulasi diri. Namun semua o [...]

Memupuk Rasa Pantang Menyerah Sejak Bayi

Seorang bayi baru belajar tengkurap. Ia terlihat amat brusaha untuk berguling ke posisi semula. Sang ibu ada di dekatnya, menahan keinginan untuk cepat-cepat membantu. Ibu duduk di dekat bayi, mengucapkan “Iya ade dorong tangannya. Kuat banget usahanya. Terus dek terus”, dengan nada suara tenang. Mungkin bayi belum mengerti apa yang dikatakan sang ibu. Tapi ada 3 hal yang bayi pelajari dari kejadian i [...]

Agar Anak Kooperatif

Ada yang mengatakan bahwa cara parenting yang menjadi visi misi kami ,yaitu connection before correction itu seperti terlalu memanjakan anak. Hal ini tidak benar. Kami amat tidak mendukung jika ada orangtua yang selalu menuruti keinginan anaknya. Jika tipe orangtua yang “kalah” dengan anak ini datang ke klinik kami, maka akan kami jadwalkan mengikuti Parent-Child Interaction Therapy, dimana orangtua d [...]

Disiplin Minus Hukuman

Penelitian demi penelitian telah menunjukkan bahwa hukuman malah akan menambah buruk perilaku pada anak, jika tidak sekarang tentunya dalam jangka waktu panjang. Namun demikian, bukan berarti juga kita menjadi orangtua yg menuruti semua kemauan anak yaa. Tentu anak butuh limit. Mengapa anak butuh limit?. Coba bayangkan kalau kita dipimpin oleh presiden yg membebaskan, semuanya boleh dilakukan tentu ki [...]

Disiplin Tanpa Bentakan (Part II)

Sebagian orangtua percaya bahwa anak perlu hukuman untuk mengajarkan perilaku. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Anak belajar bagaimana cara berperilaku dari apa yang kita contohkan sehari-hari. Cara kita bilang terima kasih, maaf,dsb”. Jika anak suatu waktu tidak paham perilaku yang seharusnya dilakukan, maka ajari ia, bimbing ia di dunia yang baru ia kenal ini, bukan menghukum. Untuk anak dibawah 1tahun [...]

Disiplin Tanpa Bentakan (Part 1)

Anak usia 3-5 tahun memiliki keingintahuan yang besar. Mereka mulai tahu mana hal yang harusnya dilakukan namun belum paham hal mana yang lebih prioritas untuk dilakukan. Otaknya pun masih berkembang sehingga masih belajar regulasi diri. Oleh karena itu penerapan disiplin yang tepat adalah dengan: 1. tetap menjaga koneksi dengan anak (karena jika kita dianggap baik oleh anak, ia akan lebih terbuka pada [...]

Menggendong dan Percaya Diri Sejak Bayi

Pernah mendengar wejangan-wejangan seperti : 'anak jangan digendong terus, nanti bau tangan' 'Anak tuh jangan langsung diturutin maunya apa, nanti jadi manja 'Udah kalau anak nangis diemin aja, nanti juga diem sendiri' dan kalimat-kalimat serupa.  Nah ternyata berbeda dengan anggapan-anggapan yang ada, seperti yang termuat dalam buku 'Baby Books', bahwa memenuhi kebutuhan an [...]

Jangan Panggil Anak Nakal

Jika suami kita bilang bahwa kita paling cantik. Kita akan senang sekali meskipun dalam hati “gombal” deh dan gak percaya. Mungkin menganggap pasti lagi ada maunya. Ternyata suami kita mengatakan tidak hanya satu kali itu, tetapi rutin. Hampir setiap hari. Kita mulai percaya dan bertanya “apakah benar ada yang berbeda, apa saya tambah langsing/putih ya? Padahal saya tidak ngapa2in”. Kita mulai percaya [...]

Time-in Saat Anak Berulah

Saat anak sedang berulah, rasanya ingin jauh-jauh dari anak sejenak tidak sih? Namun Laura Markham menyarankan hal sebaliknya, alih-alih menjauhi, orang tua sebaiknya mendekati anak. Ini disebut dengan istilah ‘time in’. Seperti ini kira-kira pemikirannya :  Saat anak memiliki hari yang buruk (misalnya saja : teman-temannya tidak mau diajak bermain mainan favoritnya, mama tidak memasakkan makanan kesuk [...]

Anakku Sulit Diam Di Kelas

Perlu dipahami tiap anak dilahirkan dengan tubuh yang berbeda-beda. Ada anak yang terlahir dengan kebutuhan gerak yang sangat besar. Artinya, anak kebanyakan lari keliling lapangan 1x sudah cukup kecapean dan puas menyalurkan kebutuhan geraknya. Nah berbeda dengan anak yang kebutuhan geraknya besar, ia mungkin perlu keliling lapangan 5 bahkan 10 kali, barulah ia capek dan bisa lebih tenang. Tidak sepe [...]

Tidak Ada Orangtua Yang Sempurna

Kadang secara tidak sadar karena kekhawatiran diri yang berlebih, kita jadi berlebihan juga mengoreksi kesalahan yg sedang anak lakukan. Setelah itu terjadi, baru deh menyadari “tadi aku kok lebay banget ya melarangnya atau memarahinya”. Rasanya menyesallllll kemudian. Namun kemudian, dalam banyak buku-buku psikologi anak dan parenting disebutkan bahwa “apakah yang menjadi pembeda antara orangtua yang [...]