Pentingnya Me-Time Bagi Orangtua


Dalam buku Laura Markham, resolusi nomer satu seluruh orangtua dimana pun adalah: Be more patient. Rasanya sbg orgtua kadang kesabaran kita sampai "habis" dibuat makhluk kecil dalam hidup kita ini. Tentu tidak mudah secara konstan terus berada pada mode "sabar" apalagi jika ananda sedang menunjukkan meltdown-nya dan tantrumnya.

Ada satu kunci untuk membuat kesabaran kita dalam parenting menjadi lebih dan lebih, yaitu: "Nurture yourself while raising your children". Betapa saya sangat suka dengan kalimat diatas dan selalu saya berikan pada orangtua yg datang berkonsultasi. Sangat penting untuk merawat diri dan kebahagiaan kita sendiri sebagai orangtua agar kita punya kebahagiaan dan kehadiran yg "cukup" untuk "dibagikan" kepada anak-anak. Kids love our joyful presence and become happier and more cooperative. Tapi, bukan berarti tak lagi memperhatikan kebutuhan ananda ya. Jika kita terus merasa tidak sabaran, sll marah thd anak, kelelahan, pikiran selalu bicara negatif ttg anak, membentak anak, maka berhati-hatilah itu mgkin tanda bahwa kita lupa untuk memperhatikan diri kita sendiri. Hal ini tentu tidak baik dan kill our natural joy dalam diri kita. Bayangkan jika anak kita memiliki orangtua ini?. You are responsible for your own happines.

Bbrp cara sederhana untuk nurture yourself:
• Biasakan setiap harinya ada moment utk "tune in" dgn diri sendiri. Calm moment, saat kta benar2 merasakan apa yg sdg kita rasakan. (Contoh saat solat)
• Setiap merasa marah/mulai tidak sabar, STOP sejenak utk berpikir "apa yg saya perlukan utk bisa reda?" (minum teh/tidur,dll)
• Berhentilah terburu-buru. Nikmati setiap momen kecil, saat mencium wangi rambut anak, melihat mereka bisa hal baru. “It makes life worth living. The fullness of your presence is what inspires your children to connect and cooperate.”

Salam,
Devi Sani,M.Psi, Psikolog

Sumber: Markham, Laura. “Peaceful Parent, Happy Kids.”

Posted By

0 comments