Pentingnya Kasih Sayang Sebelum Disiplin


Ada satu tips yang sering saya ulang berkali-kali, yaitu : berikan kasih sayang sebelum mendisiplinkan anak. Hal ini karena ada banyak orang tua yang mengeluhkan tidak dapat mendisiplinkan anaknya. Sudah pakai cara ini dan itu tetap saja tidak berhasil. 
Nah sebelumnya harus dicek dulu. Apakah orang tua sudah memberikan kasih sayang yang cukup? Apakah si anak sudah percaya sepenuhnya pada orang tua (lewat kasih sayang yang diberikan) sehingga ia mau menuruti pendisiplinan yang diberikan? 

Ini mirip seperti kita saja, orang dewasa. Misalnya pasangan kita super duper nyebelin, cuek dan tidak perhatian dengan kita. Saat ia meminta kita untuk melakukan sesuatu, kita cenderung melakukannya dengan ikhlas atau ogah-ogahan? Mungkin ogah-ogahan ya (atau gak mau sama sekali) karena dia aja gak perhatian sama kita, ngapain kita merhatiin dia. 
Beda kalau pasangan baik dan perhatian. Kebutuhan kita dipenuhi. Nah dia minta tolong pun kita akan ikhlas memenuhinya. Bahkan sebelum ia meminta, kita akan berusaha memenuhinya.

Kembali lagi, ini serupa dengan anak-anak. Jika orang tua memberikan kasih sayang yang cukup. Anak merasa berharga, didengarkan, dan juga merasa percaya pada orang tua. Sehingga ia akan lebih mau untuk menuruti orang tua.

Ibaratnya rumah, kasih sayang ini tiang-tiang pancang fondasi rumah. Agar saat membangun, rumah pun bisa kokoh dibangun dan tidak gampang rubuh. Agar saat memberikan disiplin, bisa diterapkan secara efektif oleh anak. 
Yuk jangan lupa berikan kasih sayang pada anak ya, Bunda-Ayah😊😊😘

Salam,
Psikolog Anak Devi Raissa
———————
Merasa butuh untuk tahu teknik-teknik yang dapat menjalin interkasi positif dgn anak? Bisa hubungi nomer di bio instagram kami untuk ikut #ProgramInteraksiPositif antara orangtua dan anak

Posted By

0 comments