Awal Pembentukan Attachment


Attachment adalah ikatan spesial antara anak dan orangtua. Suatu perasaan yang menarik kita bagai magnet kepada bayi kita. Bagi ibu, attachment dimulai sejak masa kehamilan. Itulah mengapa banyak ibu yang amat sedih ketika keguguran meskipun bayinga batu berusia 1 bulan di dalam kandungan. Sebab ibu sudah memulai attachment dengan bayinya sejak dinyatakan hamil. .

Attachment ini adalah yang membantu bayi kita survive setelah lahir. Jika kita googling attachment pada bayi, akan banyak sekali artikel yang mengatakan betapa pentingnya untuk mempererat attachment di 2 tahun pertama kehidupan anak. Mengapa? . Attachment akan saya ibaratkan seperti saat memilih dokter kandungan. Kita akan memilih dokter yang ramah dan klik dengan kita. Mau menjawab semua pertanyaan kita. Tapi jika bertemu dengan dokter pertama kalinya dokternya langsung jutek, wah dalam hati kita akan langsung membangun pemikiran “Dokter ini gak ramah ya”, “Rumah sakit ini kok punya ya dokter yang gak ramah”, “Obgyn kok gak ramah gini sih”.
Hal ini sama dengan attachment. .

Jika di masa awal kehidupan bayi dikenalkan dengan attachment yang tidak hangat, tidak ada ibunya bahkan, atau tidak ada yang menenangkan saat ia menangis, maka bayi pun langsung membentuk pemikiran bahwa dunia baru yang ia tempati ini dunia yang tidak enak. Dunia yang tidak aman. Dunia yang membuatnya gelisah. Jika sejak awal bayi sudah berpikiran seperti ini, maka .

Inilah pentingnya kehadiran kita di tahun-tahun awal kehidupan bayi. Ia sedang butuh2nya membangun pemikiran bahwa dunia ini adalah tempat dimana ia ditenangkan ketika menangis. Bayangkan jika yang hadir di kehidupan awal ini adalah pengasuh yang belum kita tahu pasti akan sayang atau sigap dalam merespon setiap tangisan bayi kita.

Merasa butuh untu tahu apakah attachment kita dengan bayi baik-baik saka? . Silahkan hubungin nomer di bio untuk #CekUpIkatanEmosional dengan Psikolog Anak kami.

Salam hangat,
Psikolog Anak @devisani

Posted By

0 comments