Pentingnya Kasih Sayang Sebelum Disiplin

Ada satu tips yang sering saya ulang berkali-kali, yaitu : berikan kasih sayang sebelum mendisiplinkan anak. Hal ini karena ada banyak orang tua yang mengeluhkan tidak dapat mendisiplinkan anaknya. Sudah pakai cara ini dan itu tetap saja tidak berhasil.  Nah sebelumnya harus dicek dulu. Apakah orang tua sudah memberikan kasih sayang yang cukup? Apakah si anak sudah percaya sepenuhnya pada orang tua (le [...]

Manfaat Sentuhan Untuk Bayi

Sentuhan adalah salah satu cara orangtua mengomunikasikan kasih sayang kepada bayi. Sejalan dengan hal tersebut, indera yang pertama kali berfungsi optimal pada bayi adalah indera peraba/ sentuhan. Maka dengan sentuhan lah kita dapat membangun bonding atau kelekatan emosional dengan anak. Jadi, jangan ragu untuk menggendong, menimang dan memeluk bayi ya, ayah bunda 😊 [...]

Tips Menghadapi Tantrum Tanpa Drama

Tantrum tanpa drama. Saat anak kita mulai bertingkah, seringkali kita merasa itu merupakan keadaan darurat untuk segera "bertindak". Sehingga reaksi kita terhadap anak jadi terburu-buru, berapi-api dan tidak sempat dipikirkan secara matang, sehingga terciptalah kemarahan besar pada anak.  Lalu bagaimana cara kita memberi model regulasi emosi yg baik dan menghindari menjadi model mengekspresik [...]

Dampak Attachment Yang Tidak Terbentuk Dengan Baik

Anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang secara terus-menerus tidak responsif pada kebutuhannya (setiap bayi tersebut menangis, selalu diabaikan. Tidak ada yang berespon atau hanya sekali-sekali saja direspon tangisan/kebutuhannya), anak tersebetu kemudian mengembangkan pandangan bahwa dunia yang ia tempati itu gak jelas (random), kacau dan tidak peduli pada kebutuhannya. Seperti itulah gambaran att [...]

Dampak Insecure Attachment Terhadap Perilaku Anak

Anak dengan attachment yg insecure akan memunculkan dua masalah perilaku, bisa jadi anak menjadi agresif,pemarah, senang melawan ATAU sebaliknya, menjadi anak yg pendiam, pemalu dan sulit beradaptasi dgn lingkungan baru. Sebaliknya, anak dgn secure attachment akan tampil sbg anak yg menyenangkan,ramah,mudah bergaul, dan meskipun kesal/marah akan mampu meregulasi dirinya dgn baik Yuk yuk mulai bangun ke [...]

Pentingnya Attachment Sejak Bayi Lahir

M encerdaskan anak berawal dari masa kandungan dan kelahiran. Attachment atau bonding yang kuat dan lekat penting dirasakan sejak anak bayi. Hal ini agak sulit dilakukan terutama jika ibu mengalami post partum depression. Tapi jangan khawatir, attachment bisa terbentuk hingga 2 tahun pertama. . Pastikan di 2 tahun pertama ini attachment antara bayi-orangtua terbentuk hingga membuat bayi merasa bahwa ia [...]

Cuti Melahirkan Dan Attachment Dengan Bayi

Manfaat cuti melahirkan bukan hanya untuk istirahat sang ibu saja. Tapi di dua tahun pertama kehidupan bayi merupakan waktu krusial terciptanya attachment dengan bayi. Oleh karena itu, diharapkan di dua tahun pertama kehidupan bayi. Jika sosok yang merawat bayi merespon dengan baik kebutuhan bayi selama dua tahun pertama ini, maka terbentuklah perasaan aman dalam diri bayi yang membuatnya memandang dun [...]

Apa itu Insecure Attachment?

Kalau kita punya orang yang dapat kita percaya, tentu menyenangkan, bukan?  Nah untuk seorang anak, sosok yang dapat ia percaya sebaiknya adalah orang tuanya. Bagaimana cara agar orang tua menjadi sosok yang dapat dipercaya anak? Dengan menyediakan kebutuhan anak, baik secara fisik maupun non-fisik.  Jadi orang tua yang gagal menyediakan kebutuhan anak. Misalnya saat menangis, alih-alih anak digendong u [...]

Pola Attachment Pada Individu

Interaksi antara Ayah-Ibu dengan anak di masa awal kehidupannya dapat membentuk pola attachment yang berbeda. Bila ayah ibu bersikap hangat, responsif, dan konsisten pada anak, ia dapat membentuk attachment yang secure dengan kedua orang tuanya. Namun bisa dalam interaksi sehari-hari terlalu banyak diskoneksi, dingin, dan tidak responsif terhadap kebutuhan anak, dapat terbentuk attachment yang insecur [...]

Tahap Pembentukan Attachment

Attachment itu apa ya? Bisa disimak pada post sebelumnya. Yang pasti bukan lah attachment pada email 😬😬 Satu jam pertama kelahiran bayi merupakan saat krusial dalam melakukan bonding sebagai langkah awal pembentukn attachment yang secure karena pada saat ini bayi membuka matanya lebar sebelum ia tertidur panjang.  Pada saat inilah bayi paling mampu berinteraksi dengan lingkungan pertamanya. Pastikan p [...]

Awal Pembentukan Attachment

Attachment adalah ikatan spesial antara anak dan orangtua. Suatu perasaan yang menarik kita bagai magnet kepada bayi kita. Bagi ibu, attachment dimulai sejak masa kehamilan. Itulah mengapa banyak ibu yang amat sedih ketika keguguran meskipun bayinga batu berusia 1 bulan di dalam kandungan. Sebab ibu sudah memulai attachment dengan bayinya sejak dinyatakan hamil. . Attachment ini adalah yang membantu ba [...]

Apa itu Attachment Dengan Bayi?

Ketika kita baru kenal dengan seseorang tentu kita belum bisa percaya langsung dengan orang tersebut. Suatu hari, kita sedang kesulitan kemudian orang tersebut datang menolong kita. Hingga beberapa kali terus melakukan hal tersebut, menolong kita melalui masalah yang ada. Akhirnya muncullah TRUST pada orang tersebut. Kita percaya bahwa ia bisa “hadir” saat kita membutuhkan. Kita jadi percaya bahwa di [...]

Penerapan Disiplin: Brick Wall vs Rubber Band

Pernah tidak Ayah-bunda menyuruh anak harus mandi sore di satu waktu, tapi di hari lain gapapa gak mandi sore? Atau pernah tidak di satu waktu saat anak tidak menghabiskan makanannya, konsekuensi anak tidak boleh menonton TV sepanjang hari. Namun di hari lain, saat anak tidak menghabiskan makanan, anak tetap boleh menonton TV? . Di dalam bukunya, Parent Child Interaction Therapy, McNeil & Hembree-K [...]

Orangtua "Acceptance"

Acceptance dalam parenting menurut Psikolog Kathryn Berry diartikan sebagai kemampuan untuk bisa melihat dan mengakui keunikan anak, tanpa memaksanya untuk berubah, hal ini bukan berarti kita tidak berusaha membentuk perilakunya atau mengajarkan ilmu pengetahuan, tapi lebih kepada menerima dan mengakui keunikan pribadinya. We love them for being them. Menurut penelitian, sikap acceptance yang ditunjukk [...]

Tips Menerapkan Peaceful Parenting

Sore ayah/bunda, Dalam menerapkan peaceful parenting, orang tua perlu meregulasi emosinya secara efektif dalam berinteraksi dengan anak sehari2. Nah, modal penting agar ortu bisa meregulasi emosinya sendiri dan berinteraksi secara hangat dgn anak adalah dgn menjaga "love cups"nya agar selalu penuh. Gimana caranya? As easy as take care of ourself. Jaga dan penuhilah kebutuhan pribadi kita seb [...]

Pentingnya Me-Time Bagi Orangtua

Dalam buku Laura Markham, resolusi nomer satu seluruh orangtua dimana pun adalah: Be more patient. Rasanya sbg orgtua kadang kesabaran kita sampai "habis" dibuat makhluk kecil dalam hidup kita ini. Tentu tidak mudah secara konstan terus berada pada mode "sabar" apalagi jika ananda sedang menunjukkan meltdown-nya dan tantrumnya. Ada satu kunci untuk membuat kesabaran kita dalam paren [...]

Peaceful Parenting (II)

Rasanya gak ada ya di dunia ini orangtua yang gak pernah marah sama anaknya. Orangtua, sebaik apa pun pasti pernah marah. Namun saya yakin tiap orangtua pasti beda cara mengungkapkan marahnya. Ada yang marah dengan cara membuat nada serius, atau marah sambil membentak atau lagi marah sambil mengeluarkan kalimat panjang lebar bahkan memukul (semoga kita tidak termasuk yg terakhir ini ya, gawat nanti ef [...]

Peaceful Parenting

Anak-anak kalau lagi marah dan datang egoisnya, perilakunya ampuun kadang bikin bunda ayahnya sakit kepala. Tapi namanya juga anak-anak. Mereka pastilah akan berlaku childish. . Walaupun dia sudah punya adik, tapi usianya masih 7 thn tetap saja ia masih anak-anak. Sehingga kadang saya merasa lucu kalau ada orangtua yg bilang "Kakak, gk boleh gitu donk sama ade, kakak kan udah gede, udah besar" [...]

Tips Menahan diri Membentak Anak Saat Marah

Rasanya kalau sedang kesaal sekaliiii ingin ya membentak anak. Apalagi jika masalahnya sudah berkali-kali kita ajarkan. Rasanyaa frustrasiii dan dongkol dlm hati "kenapa sih anak ini gak mengerti kalau diajarkan". Nah di atas ada nih tips nya utk menahan diri dari membentak anak. Semoga kita selalu dilindungi yaa dari membentak anak. Meskipun sulit jika sedang marah banget, tapi setidaknya k [...]

Tips Mengendalikan Kemarahan

Time Out untuk orangtua? Ada juga loh agar kita menjadi orangtua yang damai. Kunci utama menjadi orangtua yang damai agar kita bisa mengasuh anak dengan bahagia diawali dengan belajar meregulasi emosi diri sendiri ketika menghadapi anak. Sulit? Sudah pasti. Namun, bukan berarti tidak bisa. . Laura Markham, Psikolog anak asal Amerika yang menganut aliran “peaceful parenting” dan disiplin positif membagik [...]