Orangtua, Jangan Lupa Bersenang-senang!


Kadang.. saat melihat orang tua lain mengupload berbagai mainan ciamik, bagus, dan kreatif, hati ini bertekad ingin berlomba-lomba melakukan hal yang serupa. .

Terkadang melihat ada begitu banyak tips parenting berseliweran di timeline membuat perasaan bersalah dan gagal sebagai orang tua. Dan pada akhirnya, hal tersebut alih-alih memicu semangat bermain dengan si kecil, justru menjadi 'pagar' saat bermain dengan mereka. Ada saja pertanyaan seputar 'bener gak ya cara bermainku?'. Hal tersebut justru tidak memunculkan sisi 'enjoy' dari bermain. .

Bermain menjadi sesuatu yang serius dan justru menanggalkan hal paling essensial dari bermain itu sendiri, yaitu bersenang-senang. Padahal dengan orang tua bersenang-senang ada banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh anak. Misalnya saja anak merasa dipahami, dicintai, dan dimengerti oleh orang tuanya. Ya terkadang hal sesederhana seperti 'bersenang-senang' justru dilupakan. Yuk mulai bersenang-senang dimulai dengan memeluk dan mencium si kecil sambil berkata 'Ayah / Ibu menyayangimu'. Simpel namun banyak manfaatnya. .

Enjoy sendiri merupakan salah satu komponen di dalam #PCIT. Sebuah terapi bermain yang tersedia di klinik psikologi Rainbow Castle 😊

Salam,
Devi Raissa, M.Psi., Psikolog

Posted By

0 comments