Kunci Sabar Mengasuh Anak


Rahasia sabar mengasuh anak. Biasanya saat saya konseling ttg good self care habit utk orangtua yg terpikirkan hanya sebatas pergi ke salon atau spa, padahal itu hanya sebagian kecil saja dari makna good self care habit. .

Self-care habit inilah yg membuat sebagian orangtua merasa tetap fun menjalani perannya sebagai orangtua walaupun memiliki beban yg besar. Makna lebih dalam tentang good self-care habit bisa dipahami dengan melakukan dua hal setiap harinya:

• Rawatlah diri kita diawali dengan kebiasaan-kebiasaan kecil sehari-hari . Kebiasaan kecil yg sangat penting dilakukan setiap saat adalah biasakan menanyakan pada diri sendiri "Apa nih yg sdg saya butuhkan saat ini?", lalu lakukanlah. Misalnya membiasakan sarapan lebih dahulu saat kita memang lapar dibandingkan membuat anak kita yg sdg susah makan sarapan duluan agar kita lebih sabar dlm menyuapinya krn lapar kita sdh terpenuhi. Jika kita tidak baik pada diri kita sendiri, akan sangat sulit untuk bisa baik atau sabar pada anak kita.


• Mengubah attitude kita. Hidup tidak perlu sempurna dan kita sebagai orangtua juga tidak perlu sempurna. Seandainya saya sbg psikolog anak bisa menemukan inner peace utk anda sebagai orangtua, sayangnya inner peace adalah suatu hal yang harus kita temukan sendiri. Diawali dengan berhenti merasa i'm not good enough as a parent. Itu merupakan pemikiran yg sangat berbahaya. Anak anda tidak butuh orangtua yg sempurna. Jadi di jam ini, apa yg anda butuhkan?


Sumber: Inspirasi dari tulisan Dr.Laura Markham
Psikolog Anak,
Devi Sani,M.Psi, Psikolog

Posted By

0 comments