Belajar Memaafkan Diri Sendiri


Menjadi orang tua zaman now, ada banyak sekali tips-tips parenting bertebaran di berbagai sosial media. Di satu sisi hal tersebut tentu bagus untuk menambah wawasan. Orang tua jadi tahu tips dan trik menghadapi anak

Namun di sisi lain, hal tersebut juga dapat menyebabkan rasa bersalah dalam diri orang tua. Melakukan kesalahan sedikit saja, yang tidak sesuai dengan pakem teori parenting, menimbulkan rasa sesal yang berkepanjangan.

Padahal setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Belum lagi jika di masa kecilnya, orang tua tersebut mendapatkan pola asuh yang kurang tepat dari orang tuanya. Tentu akan sulit mengubah hal tersebut yang sudah terekam di dalam otak secara tidak sadar. .

Nah jika hal tersebut terjadi ada baiknya orang tua dapat memaafkan diri sendiri. Jika orang tua tiba-tiba memukul anak saat sedang lelah dan memang anak tantrumnya parah sekali. Maafkan diri sendiri. Katakan pada anak bahwa orang tua menyesal (contoh : maafin papa tadi pukul adik ya. Papa seharusnya gak boleh lakuin itu). Setelah itu move on. Tidak usah merasakan rasa bersalah yang berkepanjangan. Karena anak pasti akan merasa jika orang tua merasakan rasa bersalah yang terus-menerus, dan itu bisa mempengaruhi hubungan orang tua dan anak.

Dengan orang tua bisa mengatakan rasa penyesalan dan move on, anak juga sebenarnya bisa belajar bagaimana menangani suatu masalah. Bahwa manusia bisa salah, namun manusia pun bisa untuk memperbaiki kesalahan itu. 
Yuk maafkan diri sendiri 😊

Psikolog Anak Devi Raissa,M.Psi,Psikolog

Posted By

0 comments