Sekilas Tenting Duduk W sitting

Memilik anak dengan gangguan sensori membuat saya jadi ingin lebih mendalami tentang sensori. Salah satunya dengan mengikuti sertifikasi sebagai terapis @dir_floortime . Bersyukurnya, pas dapat trainer dokter anak yang pernah kuliah jd terapis okupasi di institutnya Ayres langsung. Mulai sedikit memahami integrasi sensori-nya Ayres. Selama kursus, pernah dibahas tentang duduk W sitting.
Bagi anak duduk W sitting bisa membuat mereka lebih ajeg saat duduk. Tapi sayang duduk seperti ini kurang baik. Berikut penjelasannya ya:
“Sitting in the W-seated position can excessively stretch out muscles and tendons around the hip and knee joints, which could eventually contribute to decreased balance while standing. Although it is very hard to stop a child from sitting in this position because it feels safer, you want to work with your child to try different seating options-Delaney”
.
.
Anak saya masih duduk W sitting tapi terus dibiasakan untuk tidak. Memang tidak mudah karena untuk anak dengan gangguan sensori ditambah low muscle tone, ia akan usaha keras sekali untuk bisa mempertahakan postur duduk yang kuat dan tidak bergerak-gerak. Alhasil, duduknya hanya bisa tahan lama dgn W sitting. Jika duduk sila, tidak tahan lama. Kemudia bisa jadi jalan-jalan. Guru yg tidak paham bisa menganggap anak ini tidak bisa ikut aturan, padahal sensorinya perlu kita bantu sedikit.
.
.
Beberapa kali saya bawa anak saya ke terapis okupasi, dokter anak dan dokter rehan medis pun menyaranakn begitu “Jangan biasakan duduk W”. Jika bunda-ayah disini ada yang terapis okupasi/ dokter anak/ dokter rehab medis saya senang sekali jika ada yang mau menambahkan info ini di kolom komen. Berbagi ilmu di bulan puasa😊.
.
.
Untuk anak saya akhirnya suka titip pesan ke gurunya untuk diingatkan ke sekolah agar duduk posisi lain, seperti sila setengah (1 aja kakinya yg sila, kl 2 masih berat), duduk di kursi saja saat circle time, atau tengkurap saat waktu main. Selain itu juga pastinya dokter2 dan terapis Abhi selalu menyarankan perbanyak outdoor activity seperti sepeda dan berenang.
.
.
Bunda-ayah mengalami juga? Boleh tulis di komen ya cerita&trik menghilangkan wsitting ini.😊😊
Psikolog Anak @devisani


Posted By

0 comments