Penyebab Anak Sulit Berpisah Dengan Orangtua

Waktu kuliah, saya membuat tesis tentang anak yang mengalami Separation Anxiety Disorder. X amat takut sekali berpisah dengan orangtuanya saat ia mulai sekolah. Awalnya orangtua menganggap ini hal yang wajar. Namun lama-kelaman, X masih histeris ketika akan ditinggal oleh ibunya di sekolah padahal X sudah hampir sekolah 4 bulan. .
.
Ternyata X mengembangkan pemikirian yang tidak logis, yaitu bahwa ibunya akan pergi dan tidak kembali lagi menjemputnya jika ia berpisah dengan ibu saat sekolah. Pemikiran tidak logis ini amat dipercaya oleh X akan terjadi. Hal inilah yang menyebabkan ia sangat cemas saat berpisah dengan ibunya. Pemikiran X ini ternyata muncul (salah2 ah satunya) karena ibunya pernah beberapa kali membohonginya untuk pergi diam-diam dan pulangnya agak lama. .
.
Sederhana sekali ya pemikiran anak-anak itu. Hal ini jangan diartikan bahwa ia bodoh, tapi memang kemampuan berpikir X yang baru 4 tahun belum bisa berpikir kritis atas pikiran-pikirannya sendiri.
.
.
Dari kejadian di atas saya menyadari betapa anak amat memegang kata-kata orangtua. Orangtualah sosok pertama tempat mereka menyandarkan rasa percaya mereka. Jika pada pengalaman awal ini saja mereka sudah merasa dibohongi, maka akan sulit untuk mereka menjalin kepercayaan di tahap-tahap kehidupan selanjutnya.
.
.
Itulah mengapa klinik kami selalu mengutamakan pentingnya interaksi dan koneksi erat antara orangtua dengan anak. Dengan koneksi yang kuat antar orangtua-anak, orangtua tidak akan tega membohongi anaknya dan anak juga akan lebih mudah diajak kerjasama jika orangtua harus mengatakan kejujuran yang tidak mengenakkan, seperti jujur bahwa ibu harus pergi dan tidak pergi diam-diam.
.
.
Beberapa intervensi untuk mengembalikan kepercayaan anak pada orangtuanya adalah PCIT (Parent-Child Interaction Therapy) #PCITbyRC dan Theraplay #TheraplayRC dengan cara sederhana namun mengena di hati anak yaitu BERMAIN terencana. Namun karena klinik kami akan tutup sementara, kami belum bisa memberikan layanan ini😊😊
Bunda-ayah punya cerita serupa? Silahkan berbagi di kolom komentar yaa menghadapi anak rewel saat sekolah 😊😊.
Selamat bermain,
Psikolog Anak @devisani
P.S :info ttg PCIT bisa kunjungi www.pcit.org


Posted By

0 comments