Orangtua Adalah Role Model Bagi Anak Untuk Belajar Berbagi

Ayahbunda pasti sudah sering mendengar istilah bahwa perkembangan otak anak di tahun awal kehidupan layaknya spons, bahwa mereka menyerap informasi sangat cepat dan sangat baik. Bahwa anak anak di usia dini ini adalah peniru yang ulung.

Kemampuan berbagi adalah sebuah skill atau keterampilan,artinya perlu dilatih. Coba kita bayangkan melatih skill ini secara bertahap pada anak di masa emasnya yaitu ketika mereka menyerap informasi sangat cepat, Insya Allah hasilnya optimal. Meskipun perlu kita ketahui anak anak di usia pra sekolah masih belum dapat memahami konsep berbagi secara utuh krn keterbatasan daya pikirnya.

Membahas konsep berbagi dan peran orangtua, mengingatkan saya kepada figur ibu. Dari saya kecil,beliau tdk pernah memberikan statement apapun ttg konsep berbagi, memaksa saya atau mengharuskan saya untuk berbagi. Tapi beliau hanya menunjukkan perilaku berbagi, meskipun secara tidak sengaja di hadapan saya, sejak saya usia skitar 4-5 tahunan. Ketika di suasana Ramadhan seperti saat ini, beliau tanpa byk ngomong, tiba tiba "ngangkut" saya ke toko kue kemudian pergi ke masjid. Ibu saya mengajak saya untuk menata kue kuenya ke dlm box dan membagikan ke masjid untuk takjil buka puasa orang orang di masjid.

Semakin bertambah usia, saya mjd lebih memahami tentang konsep berbagi misalnya ada saudara yg dtg ke rmh minta bantuan, ibu saya tdk pernah berkata tidak punya atau tidak ada. Beliau, dalam bentuk apapun caranya,akan berusaha membantu.

Kekuatan rolemodel dr figur orangtua memang sangat penting perannya ketika bicara konsep berbagi.Bahwa benar adanya,anak akan mencontoh apa yg orangtua lakukan sehingga kita sbg orangtua menjadi termotivasi juga ya untuk selalu bertumbuh lebih baik ❤

Semoga kita bisa selalu menjadi contoh yang baik ya ayahbunda bagi si kecil, walaupun melakukn ksalahan ya wajar namanya jg manusia. Yang paling penting kita mau belajar dr ksalahan dan mjd lebih baik lagi ❤

Salam hangat,
Psikolog anak @belindagustya



Posted By

0 comments