Ketika Anak Dipaksa Berbagi

Sebenarnya ini pengalaman pribadi saya juga dengan kakak saya yg jarak usia gak jauh beda.. Karena jaraknya hanya setahun, ya walhasil apa apa slalu jd rebutan deh,apalagi sama sama cewe 😅 kalau udah berantem pasti heboh.. Sampai suatu momen, kita sudah sama sama besar, seingat saya sdh kuliah waktu itu.. Kakak saya adu argumen dgn mama saya dan tiba tiba terucap kalimat spt ini: " selalu adek y [...]

Balita Dan Bergiliran

Ternyata balita lebih memahami konsep bergiliran dibandingkan berbagi lohh ayah bunda.. Akan lebih baik meminta adik untuk menunggu kakak yang sedang asik bermain mobilan sampai kaka selesai bermain dan "merelakan" mobilannya untk dimainkan adik dibandingkan memaksa kakak untk berbagi mainannya saat itu juga Langkah awal untuk mengenalkan konsep bergiliran ini dpt diawali dgn membuat ATURAN K [...]

Mixed Parenting

Pernah ada yg berada di posisi mixed parenting?? 😂☝️☝️ Itu loh ayahbunda kondisi dimana pengasuhan ayah bunda bercampur dengan pengasuhan kakek nenek, kalau masih satu visi misi sih aman yaa tapi kalau beda gaya gimana yah? 😂 Inipun terjadi pada ponakan saya. Kalau gaya pengasuhan mamanya (kakak saya) sebenarnya tegas dan konsisten (sbnrnya cenderung galak sih 🙈) sedangkan eyangkung dan tinya cende [...]

Kapan Sebenarnya Anak Mulai Bisa Berbagi?

Kapan anak seharusnya sudah bisa berbagi? Meskipun sudah pernah dijelaskan, tapi saya ingin menekankan lgi nih bahwa sesungguhnya kemampuan berbagi dengan ikhlas itu sebenarnya baru bisa dimiliki oleh anak usia Sekolah Dasar ke atas. Itu pun baru terbentuknya. . Pada anak usia 2 thn, jika ia disuruh berbagi, secara tahapan perkembangan, ia belum siap untuk melakukan hal tersebut. Kemampuan altruistic ( [...]

Mengapa Anak Saya Tidak Mau Berbagi HANYA Kepada Adiknya?

Terkait feed kami sebelumnya tentang "Betulkah kakak harus selalu mengalah?" (atau klik  #kakakmengalahrc ) maka kita perlu mengevaluasi lagi: bgmn respon ortu ketika kakak adik terlibat dalam kondisi dmn mereka hrs berbagi?apakah kakak hrs selalu mengalah? Apakah ortu slalu meminta kakak memahami bahwa adik msh kecil jd kakak yg hrs "berkorban"? Jika ini yg terjadi maka sbg konsekue [...]

Betulkah Kakak Harus Selalu Mengalah?

Kalau kita lagi pakai pensil. Tiba-tiba ada yang datang kemudian merebut pensil kita tiba-tiba. Dia bilang “Saya mau, kamu udah kelamaan pakainya”. Tentu kita akan kesal. Sebagai orang dewasa, kita pasti akan meminta dia menunggu sebelum merebut pensil itu. Saat kita sudah selesai pakai, kita akan memberikan dengan sukarela dan senang hati. . . Hal ini berlaku juga untuk anak. Anak tersebut akan memberik [...]

Apakah Anak Harus Berbagi Mainan?

Ketika mengangkat tema berbagi, sebagian besar ayahbunda akan melontarkan pertanyaan berjamaah "Bagaimana caranya agar anak mau berbagi mainan dgn saudara/teman?" Sebelum lompat jauhh menuntut anak untuk berbagi, kita perlu pahami dulu sudut pandang anak,berempati dgn apa yang ia rasakan. Kita coba bayangkan posisi kita sebagai si kecil.. Mainan favorit anak,jika diibaratkan sudah seperti &q [...]

Orangtua Adalah Role Model Bagi Anak Untuk Belajar Berbagi

Ayahbunda pasti sudah sering mendengar istilah bahwa perkembangan otak anak di tahun awal kehidupan layaknya spons, bahwa mereka menyerap informasi sangat cepat dan sangat baik. Bahwa anak anak di usia dini ini adalah peniru yang ulung. Kemampuan berbagi adalah sebuah skill atau keterampilan,artinya perlu dilatih. Coba kita bayangkan melatih skill ini secara bertahap pada anak di masa emasnya yaitu ket [...]

Bagaimana Melatih Anak Untuk Berbagi Mainan?

Karakteristik yang menonjol dr anak usia 2-3 tahun yaitu kemampuan berpikir anak yg masih berada pada fase egocentrisme. Egocentrisme adalah keterbatasan daya pikir anak untuk memahami sudut pandang orang lain. Ada sebuah penelitian yg dilakukan oleh seorang psikolog ternama, Jean Piaget. Anak diminta duduk bersebrangam dengan boneka badut. Di tengah mereka ada tiga tumpukan pasir yang membentuk gunun [...]

Bermain Dan Kemampuan Anak Untuk Berbagi

Bermain dan Berbagi Kita semua tahu tentang besarnya manfaat bermain. Penelitian demi penelitian pun selalu menghasilkan demikian. Namun mengapa ada saja pihak yang “merenggut” hak bermain mereka dengan cepat-cepat mengajarkan menulis, merasa bahwa les calistung lebih baik semuda mungkin, anak usia 3 tahun diminta duduk dan mengerjakan banyak worksheet. Banyak pihak merasakan bahwa anaknya akan lebih b [...]

Cinta Tulus Dan Siap Sekolah

Saya pernah menangani satu klien dgn masalah di sekolah. Saat di sekolah, ia sangat agresif dengan teman, beberapa kali dilaporkan menggigit dan memukul teman. Saat di rumah, ia selalu menolak diarahkan oleh bunda . Seakan akan ingin mengatakan "saya bisa urus diri saya sendiri tanpa bantuan bunda" Setelah digali lebih dalam, masalah utama yg dihadapi anak adalah adanya ketidak percayaan kepa [...]

Penyebab Anak Sulit Berpisah Dengan Orangtua

Waktu kuliah, saya membuat tesis tentang anak yang mengalami Separation Anxiety Disorder. X amat takut sekali berpisah dengan orangtuanya saat ia mulai sekolah. Awalnya orangtua menganggap ini hal yang wajar. Namun lama-kelaman, X masih histeris ketika akan ditinggal oleh ibunya di sekolah padahal X sudah hampir sekolah 4 bulan. . . Ternyata X mengembangkan pemikirian yang tidak logis, yaitu bahwa ibuny [...]

Sekilas Tenting Duduk W sitting

Memilik anak dengan gangguan sensori membuat saya jadi ingin lebih mendalami tentang sensori. Salah satunya dengan mengikuti sertifikasi sebagai terapis  @dir_floortime  . Bersyukurnya, pas dapat trainer dokter anak yang pernah kuliah jd terapis okupasi di institutnya Ayres langsung. Mulai sedikit memahami integrasi sensori-nya Ayres. Selama kursus, pernah dibahas tentang duduk W sitting. Bagi anak duduk [...]

Kesiapan Sekolah

Mungkin banyak orang berpikir bahwa hanya anak saja yang harus disiapkan agar ia siap sekolah.  Padahal menurut unicef.org ada 3 dimensi yang harus ada agar anak siap sekolah lho, yaitu :  1. Anak yang siap (fokus pada bagaimana anak belajar dan perkembangan anak) 2. Sekolah yang siap (apakah lingkungan sekolah mendukung transisi yang halus untuk anak masuk ke sekolah, serta mendukung lingkungan belajar [...]