Pentingnya Mengenal Bunyi Huruf

Pertanyaan top 10 yg sering diajukan ayah bunda terkait kesiapan sekolah adalah tentang bagaimana cara mengajarkan anak membaca. Di post sebelumnya saya menyinggung pentingnya membuat anak mencintai buku. Apakah ayah bunda menyadari mayoritas buku cerita anak dari luar negeri adalah buku cerita berima? Sebutlah beberapa buku anak Dr.Seuss. Lagu anaknya pun banyaak yg sekali yang berima.. Maksudnya apa yaa berima? Itu lohh ayahbunda yang bunyi akhiran katanya atau awalannya sama dan "bernada" misalnya buku cerita "Cat in Hat" atau "Room on The Broom"dst
.
Kenapa menjadi penting mengenalkan anak untuk peka terhadap bunyi huruf? Karena salah satu tahap awal anak kelak dapat membaca adalah dengan mengenal bunyi huruf terlebih dahulu. Jadi dibandingkan kita mengenalkan huruf alfabet A-Z tanpa konteks, lebih baik mengaitkan bunyi bunyian dr huruf tsb dengan konteks tertentu, misalnya dengan cara BERMAIN!
.
Salah satu permainannya adalah "I SPY", deretkan beberapa mainan buah buahan/binatang/ mainan masak masakan, lalu katakan kepada anak: Bunda lagi lihat benda yang awalan hurufnya bunyinya" Mmm.." (Mmm untuk mangga) lalu minta anak cari benda dgn awalan huruf tsb. Lakukan dengan bunyi huruf lainnya yg dikaitkan dengan objek di hadapan anak.

Permainan lainnya "ABC 5 dasar" juga melatih kepekaan anak terhadap bunyi huruf, misalnya " sebutkan hewan yang awalan hurufnya C!" Ketika anak sudah aware terhadap bunyi dari huruf akan memudahkan anak kelak untk maju ke tahap berikutnya dengan menggabungkan beberapa bunyi huruf menjadi satu kata yang utuh alias tahap belajar membaca. Tips dari saya, perkenalkan dalam bentuk kata utuh dan hadirkan objek nyata nya terlebih dahulu ya ayahbunda dan lama lama boleh berproses menjadi lebih abstrak (misalnya awalnya dihadirkan mainanya betulan lalu seiring berjalannya proses belajar yg tdnya benda real kemudian menjadi bentuk gambar kartu dan di akhir,hanya diwakili kartu berisi tulisan)

Salam,
Psikolog anak @belindagustya


Posted By

0 comments