Orangtua Suportif Membuat Anak Jadi Lebih Kooperatif

Kita suka mendengarkan istilah terrible-two, yang mungkin dimaksud adalah ketika anak berusia 2thn dia sedang negatif-negatifnya. Tapi sejujurnya, saya tidak suka istilah ini dan tidak pernah memakainya selama saya berkonsultasi dengan orangtua. Mengapa? Karena seakan-akan istilah ini membuat kita keburu memiliki pandangan negatif pada anak usia 2thn. Bagi ibu-bapak yg anaknya belum 2 tahun, seakan-akan mereka dipersiapkan untuk menghadapi anak yang negatif perilakunya, ibaratnya kita “mendoakan” menuju ke sana donk ya. Jangan sampai ya.
.
.
Sebenarnya yang terjadi pada anak usia 2-3thnan adalah mereka sedang memasuki tahap Autonomy, dimana mereka akan mulai memiliki keinginan untuk memilih sendiri dan melakukan segala sesuatunya sendiri. Termasuk saat anak sedang sering-seringnya bilang “GAK MAU”, itu sebenarnya mereka sedang menunjukkan kemandirian mereka dalam berpendapat. Dan bagaimana kita berespon pada usia ini amat menentukan apakah selanjutnya ia akan jadi anak yang mau mencoba sendiri atau takut-takut mencoba sendiri. (Selain juga ditentukan oleh keadaan sensori anak).
.
.
Sekarang coba bayangkan jika orangtuanya tipe pencemas. Baru mau mencoba manjat sendiri (padahal tingginya gak seberapa), orangtuanya akan langsung ngagetin bilang “JANGAN” dengan panik. Atau ketika anaknya mau coba pertama kalinya ambil baju sendiri dilemari, dan kita kagetin lagi dengan kata “NOOO”, hanya karena takut dia kejepit lemari,(yg mungkin gak terlalu sakit juga kalau kena, mungkin ya). 
.
.
Bayangkan jika anak mengalami ini setiap hari. Anak akan jdi merasa tidak bisa “mengekpresikan” kemandiriannya. Oleh karena itu perlu orangtua yang suportif pada anak juga suportif pada diri orangtua sendiri. Kita perlu support diri kita untuk tidak terlalu menunjukkan kecemasan berlebihan yang kita rasakan di depan anak kita. Tarik napas and manage your own anxiety, parents❤️❤️! Pastikan kita cemas memang untuk hal-hal yang berbahaya saja.Anak perlu juga diajari mengambil resiko kecil.
.
.
Psikolog Anak Dan Remaja Devi Sani Rezki M.Psi,Psikolog.

Posted By

0 comments