Mogok Sekolah & Rasa Tidak bahagia Anak

Suatu waktu seorang klien datang menyampaikan bahwa anaknya mogok sekolah. Sudah 2 minggu sang anak tiap akan pergi sekolah, menangis dan selalu memohon untuk tidak pergi. Ketika ditanya ke gurunya pun tidak ada sama sekali yang membully. Tidak ada guru yang memarahinya. Pihak sekolah merasa sudah melakukan pendekatan yang baik pd anak tersebut.
Ternyata saat konseling ditemukan bahwa penolakan anak sekolah terjadi karena beberapa penyebab. .
.
Pertama, ia punya pribadi yg cenderung cemas berlebih akan penilaian org lain. Nah cemasnya sudah lama ia “tumpuk” sendiri di dalam hatinya hingga akhirnya ia pun tak tahan lagi menanggung sendiri, kemudian duarrr, “meledaklah” ia yang kemudian muncul dalam perilaku mogok sekolah.
.
.
Kedua, sang anak baru saja mengalami beberapa perubahan besar dalam hidupnya, yaitu kepindahan paman yang sangat ia cintai ke kota lain serta kepindahan teman dekat ke sekolah lain. Dari sini bisa kita lihat bahwa apa yang menurut orang dewasa kejadian biasa saja, menurut anak justru merupakan kejadian yang menyakitkan.
.
.
Ketiga, kehangatan orangtua yang kurang karena orangtua pun sedang memiliki masalah rumah tangga antar suami-istri. Amatlah sulit bagi orangtua untuk membuat anaknya bahagia, jika orangtuanya sendiri tidak bahagia. Sering digambarkan oleh Dr.Laura Markham, bahwa ibaratnya setiap hari orangtua adalah teko yang mengisi cangkir-cangkir anaknya dgn kebahagiaan. Jika teko orangtua isinya tidak bahagia, maka isi cangkir anaknya pun tidak bahagia. Lalu kemudian apa yg bisa membuat teko kita&anak bahagia? Salah satunya BERMAIN dgn anak.
.
.
Oleh karena itu psikoterapi2 yg ada di klinik kami sebagian besar berbasis bermain dan tersertifikasi. Namun sayangnya (mengikuti @rabbitholeid ) layanan offline kami akan tutup sementara, termasuk terapi. Namun layanan online kami (#ParentingWebinardan #konsultasionlineRC via WA Call ) tetap ada.
.
.
Semoga kami bisa segera membuka layanan offline kembali ya. Terutama screening tumbuh-kembang bayi dan balita #screeningbayiRC yang dari kemarin banyak menyakan 😊😊.




Posted By

0 comments