Menunggu,Tidak Buru-Buru Memberikan Solusi Juga Kunci Membuat Anak Mandiri

Be available, but not intrusive merupakan satu prinsip saat membesarkan bayi. Maksudnya adalah kita ada bersama mereka tanpa perlu mendikte apa yang harus ia lakukan atau mainkan (selama itu aman). Tapi bukan berarti juga tidak peduli. Jadilah orangtua observer yang memperhatikan apa yang sedang bayi lakukan, tidak mengintervensi kecuali diperlukan.
.
Terkadang kita tidak sabar ingin cepat-cepat memberi solusi. Padahal kalau kita tunggu sebentar saja, anak pasti akan punya ide solusi, yang diperlukan adalah kemampuan orangtua untuk bisa menunggu.
.
.
Misalnya, cerita pertama, sang bayi kehilangan bola. Ayah berespon dengan menunggu sebentar, lalu mengatakan “dimana ya bolanya?”. Bayi menangis kemudian ayah bilang “mungkin di bawah selimut. Kemudian ayah membiarkan bayi membuka sendiri selimut tersebut. Bayi senang menemukan sendiri bolanya. .
.
Cerita kedua, bayi kehilangan bola dan menangis. Ayah datang dan bilang “cep cep jgn nangis. Ayah ambilin ya bolanya”. Ayah membuka selimut tempat bola sembunyi dan memberikan bolanya kpd bayi.
.
.
Ceritanya sama-sama bayi mendapat bola tapi bedanya ada di PROSES. Cerita A, bayi dibiarkan berusaha sendiri. Hal ini membangun rasa percaya bayi bahwa dirinya mampu mencari solusi. Hal ini bisa terjadi jika orang tua mau menunggu dan menghormati anak untuk tidak buru-buru intervensi proses saat bayi sedang berusaha mengatasi tantangan hidupnya. Inilah awal dari kemandirian.
.
.
Psikolog anak @devisani
Sumber: Magda Gerber.



Posted By

0 comments