Ketika Anak Mencintai Buku

Saat saya sedang berkunjung ke rumah teman saya yang baru lahiran, secara tidak sengaja saya terlibat obrolan ringan dengan mama nya teman saya ini. Si mama bertanya kepada saya sebenarnya bagaimana cara yg tepat untuk ngajarin anak agar cepat baca? Mengingat cucunya (anak dr kakaknya teman saya) sudah mau masuk SD di tahun ajaran baru nanti

Justru saya yg bertanya balik kepada si tante, gimana dulu cara ngajarin anak anaknya untk mulai membaca karena saya lihat teman saya ini tergolong cerdas,kemampuan memahami bacaannya jg sangat baik dan logika matematikanya ok bangeet (pastinya ya lulusan teknik di ITB lanjut S2 pula jalur fast track 😅) Tante pun jadi bernostalgia, menurut beliau, dulu gak pernah pakai metode aneh aneh sih atau ikut les baca apapun. " tante cuma rutinin aja bacain buku dari anak anak masih bayi, bel" begitu jawabnya.. Saat membacakan, si tante memastikan anaknya memperhatikan gambar dan bentuk tulisan yg ada di buku.. Saat sedang mengucapkan kata tertentu dr buku, beliau sambil menunjuk ke arah kata yg dimaksud yg ada di dalam buku.. "Ya misalnya ada kata bola ya tante tunjuk aja hurufnya satu persatu sambil bilang bo-la"

Dan ketika teman saya masuk ke TK, menurut tante, ia sangat cepat belajar membaca ketika diarahkan oleh gurunya di sekolah ( cepat belajar membaca ya ayah bunda, bukan tiba tiba langsung bisa membaca) 

Mari buat anak mencintai buku sejak dini agar kelak memudahkan anak untuk berlatih membaca 😉

Salam,
Psikolog anak @belindagustya


Posted By

0 comments