Kenapa Ya Anakku Susah Cerita Tentang Sekolahnya?


Ini kisah teman dekat saya, anaknya tipe yang kalem jadi apapun yg terjadi di sekolah mau kejadian yang bikin happy ataupun tentang hal yang kurang nyaman ketika dicubit teman, dia akan cenderung nggak cerita. Apalagi kalau pertanyaannya yes or no, misalnya: kamu suka gak sih sekolah? Atau kamu dijailin gak sama temen? Naah dia langsung diam seribu bahasa deh.. Tapii kalau pertanyaan netral dan terbuka seperti " tadi main apa aja sama temen adek?" atau "coba sebutin nama temen yang paling iseng!" naah baru deh mau jawab 😅

Jadi memang stiap anak itu punya karakter bawaan, di ranah psikologi, bahasa bakunya temperamen (tapi ini beda yaa ayah bunda dgn temperamen dlm arti pemarah) ada 3 tipe karakter bawaan.. Yang pertama anak yg super ramah,jadi kalau msk lingkungan baru bisa lgs nyapa smua temannya,bisa cepet deket sama guru, pokoknya sociable dan eksis bgt deh 🤣

Karakter kedua anak yang sukanya lihat lihat dulu kalau ketemu orang baru, suka dibilang "panasnya" agak lama jadi butuh diem diem mengamati baru deh bisa nyaman sama lingkungan barunya

Karakter ketiga, tipe anak yang ,butuh waktu jauh lebih lama untuk adaptasi di lingkungan baru jika dibandingkan dengan dua karakter sebelumnya..
Anak tipe ini mudah cranky dan kalau sudah marah atau nangis sulit ditenangkan.. .
.
Jika dikaitkan dengan pertanyaan kok anakku tipenya kalem ya,ga banyak cerita padahal di sekolah kata gurunya dia pintar dan okbgt.. Jawabannya KARENA bisa jadi anak ayah bunda adalah tipe yg kedua (si panasnya lama) atau tipe yg terakhir.. Butuh dipancing pancing baru crita, bukan tipe yg langsung crita tanpa ditanya.. Yang "diam diam menghanyutkan" 😎 .
.
.
Pertanyaan lanjutan,apakah sampai besar akan spt itu? Anak yg tipe susah adaptasi akan terus trusan susah adaptasi? Tentu tidak dong ayahbunda,tergantung pendekatan yg dilakukan ayahbunda ke anak

Misalnya si kecil agak susah adaptasi di lingkungan baru, ayah bunda bisa kasih kesempatan si kecil untk observasi dulu, gak dipaksa langsung gabung ke kegiatan kelas tapi boleh lihat dr sudut ruangan..pelan pelan diajak bergabung secara bertahap.. Kuncinya sabar dan pelan pelan 😁
Semoga bisa memberikan pencerahan kepada ayah bunda yaah ❤

Salam,
Psikolog anak @belindagustya

Posted By

0 comments