Kenali Mogok Sekolah

Pernah tidak waktu dulu pura-pura sakit biar dibolehkan tidak masuk sekolah. Rasanya lucu kalau ingat masa-masa itu. Tapi besoknya kita sudah masuk lagi karena pengen juga ketemu teman-teman.
.
.
Nah berbeda dengan anak yang menolak sekolah (atau sering diistilah school refusal), anak-anak ini akan melakukan segalanya agar bisa tidak pergi sekolah setiap harinya. Anak-anak saat disuruh sekolah menunjukkan gejala-gejala fisik seperti gemetaran, pusing, deg-degan, berkeringat banyak, sakit perut, dan panic attacks. Keluhan fisik ini benar mereka rasakan, bukan hanya pura-pura semata.
.
.
Perlu dipahami bahwa school refusal ini bukanlah bentuk kenakalan karena school refusal ini sebenarnya kondisi emosi anak yang merasakan adanya kecemasan, khawatir atau bersalah terkait sekolah.
.
.
School refusal ini bisa terjadi sejak anak TK dan mungkin hilang seiring berjalannya waktu. Tapi bisa jadi juga bertambah parah, amat tergantung pada cara kita menghdapinya. .
Kemudian adalagi yang disebut dengan separation anxiety atau anak yang cemas jika berpisah dengan orangtua. Hal ini sebenarnya wajar untuk anak 0-4 tahun dan anak yang sednag menghadapi perubahan besar. Namun jika kecemasannya tidak hilang, bahkan cenderung meningkat, mungkin anak sudah masuk kategori masalah separation anxiety.
.
.
Psikolog Anak @devisani


Posted By

0 comments