Kemandirian Bukanlah Suatu Hal Yang Bisa Diajarkan Dalam Satu Malam

Kapan usia paling tepat mulai memupuk kemandirian anak?

Jawabannya adalah 1-3tahun karena pada usia ini keinginan anak untuk melakukan&memilih sendiri sedang berkembang-berkembangnya, disebut dengan tahap perkembangan Autonomy VS Shame& doubt.

Anak 1-3 thn itu lagi seru-serunya bilang “gak mau, maunya yg itu aja”.Karena memang pada usia inilah proses ingin melakukan sendiri lagi seru2nya berkembang.

Lalu, kenapa dinamakan tahap perkembangan Autonomy vs Shame n doubt oleh Erikson?(Tokoh Psikologi yg termahsyur,google ya). Karena:
Satu, pada usia ini anak lagi hot2nya mau melakukan sendiri semuanya (sudah dijelaskan di atas ya) karena sudah bisa bergerak ke sana kemari sec.mandiri. Kedua, jika pada usia ini (1-3thn) anak lebih sering dikontrol(gak pernah dibiarkan memilih) atau dipermalukan (seperti dikoreksi secara negatif di depan umum,dibilangin terus2an bahwa dia gak bisa, keseringan bilang “JANGAN!” yang ngagetin,dst), maka anak jadi lebih mengembangkan rasa ragu akan keputusan yang ia ambil dan ragu akan kemampuan dirinya. Oleh karena itu dsbt Autonomy Versus Shame&doubt.
.
.
Untuk mempertahankan kemandirian anak agar momen perkembangan ini tidak terlewat baiknya:
1. Beri anak kesempatan memutuskan dan melakukan sendiri hal-hal sederhana, seperti pilih baju, dll, agar ia merasa “yess, aku bisa memilih sendiri dan pilihanku dianggap penting oleh ibu/bapak”
2. Tidak mengkritik jika anak salah dalam menunjukkan kebolehan yang baru.
3. Biarkan anak mencoba sendiri hal2 yang kiranya tidak bahaya tentunya dengan bimbingan kita disampingnya.
4. Menunggu dengan sabar ketika dia mau mencoba sendiri.
Pada intinya, semua kembali pada orangtua yang hangat dan memiliki ekspektasi yang sesuai dengan tahap usia anak. Orang-orang dewasa yang sering meragukan kemampuannya dalam menghadapi tantangan hidupnya mungkin karena autonomynya belum berkembang baik saat ia berusia 1-3thn.
.

.

Salam,
Psikolog Anak dan Remaja,
Devi Sani Rezki M.Psi,Psikolog.

Posted By

0 comments