Gambar Langkah Per Langkah Suatu Hal Bisa Membantu Anak Mandiri

Pernah gak ya merasa sedikit “gemas” sudah mengajarkan anak berkali-kali tapi kok ya gak mengerti. Masih saja harus dikasih tau. Padahal (menurut kita), hal tersebut sederhana. .
.
Sebelumnya perlu kita pahami dulu nih tahapan perkembangan anak 2-7 tahun itu dia masih berpikir dengan membutuhkan hal nyata dihadapannya (simbol), tapi kadang sebab-akibat masih belum sepenuhnya paham. Artinya apa? Informasi itu bentuknya harus jelas ada di depan dia atau ada wujudnya, barulah anak tersebut bisa paham apa yang kita maksud. .

Jadi wajar saja kalau pada usia ini kita kasih arahan dengan omongan kita, kadang anak masih belum ngerti.
.
.
Agar kebiasaan mandiri yang kita ajarkan bisa lebih cepat ia serap, bisa dengan menggunakan gambar lngkah per langkah. Ini bisa dicari di google. Misalnya saja untuk mengajarkan anak cara sikat gigi. Bisa kita tempel gambar langkah per lngkah cara sikat gigi di kamar mandi. Hal ini jauh lebih baik drpd kita mengajarkan hanya dengan suruhan verbal. Dan anak kita pun jadi lebih paham apalagi tahapan mereka memang masih berpikir konkrit. Kita pun jadi lebih tidak cepat kesal dalam mengajarinya, tinggal bilang “kaya gambar ini dek, dikumur dulu..”.
.
.


Salam,
Psikolog Anak dan Remaja,
Devi Sani Rezki M.Psi,Psikolog.

Posted By

0 comments