BERMAIN DI ALAM UNTUK KESIAPAN SEKOLAH

Banyak sekali orangtua yg bertanya: gimana ya caranya biar anak bisa konsentrasi di kelas? Anaknya kok kayak bosenan ya padahal kan sebentar lagi mau saya masukin SD.. Dan rata rata usia anaknya masih sekitar 5-6 tahun.
Ayah dan bunda, proses anak untuk bisa fokus, duduk tenang dan berkonsentrasi itu ada tahapannya.. Bisa dibilang, kalau dibentuk piramida, kemampuan tsb adanya di piramida atas, artinya sebelum mencapai ke atas, kebutuhan anak di piramida bagian bawah harus terpenuhi dulu. Layaknya naik tangga, kita pasti mulai dr anak tangga paling bawah lalu pelan pelan menuju ke atas.. Dgn kata lain, kita perlu cari tahu dulu apa kebutuhan anak di piramida bawah?kebutuhan anak di piramida bagian bawah adalah bagaimana semua sistem indera atau sensori anak harus bisa saling berkomunikasi dengan baik atau membentuk sistem yg terintegrasi dahulu baru anak bisa mencapai piramida atas

Saat anak mau duduk tenang, ada beberapa sistem indera yang perlu berkomunikasi: indera vestibular harus bisa menjaga keseimbangan saat duduk, lalu indera proprioseptif dimana anak bisa pas meletakkan bokong,punggung dan bagian tubuh atas di kursi serta merasa nyaman lalu indera visual dimana anak harus bisa fokus menatap ke depan.. Pertanyaannya: bagaimana caranya agar semua sistem indera anak terintegrasi optimal? Jawabannya adalah dengan bermain!

Bayangkan anak yg bermain di alam, dapat dipastikan semua sistem inderanya terstimulasi..
Anak bisa mencium bau bunga (indera penciuman), anak bisa merasakan tekstur rumput saat berlari (indera perabaan), anak dapat melihat warna warni bunga di taman (indera visual), anak bisa mencicipi sari bunga yg manis (indera pengecapan), dan anak bisa berlarian bebas, belajar menghindar dr rintangan dan mengatur kekuatan ototnya saat asik main dorong dorongan dengan teman (indera vestibular dan proprioseptif) .
.
Salam,
Psikolog anak @belindagustya



Posted By

0 comments