Bayi Yang Menangis Saat Berpisah Dengan Orangtuanya

Saya pernah mendengar orangtua yang bangga ketika bayinya tidak menangis saat berpisah dengan ibu-ayahnya. Hal ini tentu membuat saya bertanya-tanya, karena saat kuliah tentang ikatan orangtua-anak, ditemukan pada suatu research justru bayi yang tidak berespon saat ibunya pergi meninggalkannya ternyata memiliki masalah dalam hubungan emosi antara bayi dan ibunya. Perilaku ini pun sama sekali tidak hubungannya dengan kemandirian sang bayi ketika ia besar.
.
.
Ketik bayi berpisah dengan ibunya dan ia menangis kemudian setelah bertemu kembali ia terlihat senang, itulah yang dikategorikan sebagai hubungan emosional yang sehat. Begitu menurut penelitian yang terkenal dengan sebutan The Strange Situation Procedure oleh Ainsworth (boleh di google 😊😊).
.
.
Ibaratnya ketika kita kehilangan atau berpisah dengan orang yang berarti dalam hidup tentu kita akan sedih. Jika kita berpisah dengan orang yang tidak terlalu dekat tentu kita akan biasa-biasa saja bahkan cenderung cuek. Hal ini juga sama dengan bayi. Maka pastikan bayi mengangap kita orang yang berarti dalam hidupnya.

.
.
Salam,
Psikolog Anak dan Remaja,
Devi Sani Rezki M.Psi,Psikolog.


Posted By

0 comments