Anak Sulit Tenang di Sekolah

  • Makin tingginya harga tanah di kota-kota besar membuat sekolah-sekolah juga makin mengecilkan lapangan tempat bermainnya. Bahkan banyak sekolah yang sudah tidak lagi memiliki lapangan yang luas untuk tempat bermain, terutama jika letaknya di tengah kota. Jika pun ada, mungkin sekolahnya cukup mahal atau jika terjangkau, pasti sudah waiting list sejak anak masih di kandungan. Siapa yang merasa mengalami hal ini? Saya juga ikut angkat tangan.
    .
    .
    Dulu saya pernah berdiskusi dengan dosen psikolog saya. Beliau mengatakan bahwa semakin ke sini, semakin banyak anak yang sensorinya terganggu. Mengapa? Karena kebutuhan gerak mereka tidak terpenuhi. Kebutuhan gerak mereka tidak terpenuhi, karena makin sedikit tempat untuk mereka bergerak atau bermain bebas. Tempat anak untuk bergerak bebas dan bermain makin sedikit karena makin lama harga tanah makin mahal sehingga rumah-rumah tak lagi memiliki halaman belakang begitu juga dengan sekolah. (Untunglah masih ada sedikit taman kompleks umum)
    .
    .
    Makin sedikit kesempatan anak untuk bergerak padahal sistem syaraf anak yang sedang berkembang amat butuh bahkan “craving” akan 
    anak tersebut untuk bergerak. Apalagi untuk anak yang memang sudah terlahir dengan masalah sensori, makin besarlah kebutuhan geraknya.
    .
    .
    Saat di sekolah, kita melihat ada anak-anak yang agak sulit duduk diam dalam jangka waktu lama. Hal ini disebabkan karena kebutuan gerak yang belum dipenuhi tersebut. Meskipun guru sudah memberikan waktu main sebelum masuk kelas, hal ini belum tentu cukup bagi beberapa anak karena kebutuhan gerak tiap anak berbeda.
    .
    .
    Disinilah peran psikolog bersama terapis okupasi. Untuk memeriksa seberapa besar kebutuhan gerak anak dan apa yang bisa dilakukan untuk memenuhinya dengan segala keterbatasan di sekolah. Beberapa contoh trik untuk klien-klien kami antara lain memasukkan jadwal bergerak beberapa menit disela-sela jam pelajaran, melakukan brain gym sebelum atau selama belajar (tahukah bahwa brain gym bisa dilakukan dgn duduk juga? Bahkan tidur?), meminta guru untuk (lanjut comment ya)..
  • rainbowcastleid..meminta guru untuk menyuruh anak memindahkan kursi atau meruncingkan pensil-pensil. Atau sensory hacks lain dengan meminta anak membawa kursi berbentuk bola agar ia bisa tetap bergerak saat duduk. Tiap anak akan berbeda penyelesaiannya. Tidak bisa disamakan. Perlu pemeriksaan terlebih dahulu.
  • .
    .
    Selamat bermain keluarga Indonesia,
    Psikolog Anak dan Remaja @devisani

Posted By

0 comments