Agar Anak Merasa Mampu Sejak Bayi

Pernah tidak melihat bayi atau anak usia 1 tahunnan menjatuhkan barang berulang-ulang?  Itu pun terjadi pada anak saya. Ketika itu, ia seperti sengaja menjatuhkannya berulang-ulang. Saya yakin pegangannya sudah kuat saat itu. Sempat pada akhirnya saya merasa “hmm.. oke enough! Gak usah pegang-pegang lagi, terutama untuk sendok!”.
.
.
Ternyata ketika saya lihat lagi pada buku teori perkembangan saat saya kuliah disitu dijelaskan bahwa ketika anak 0-1thn menjatuhkan benda berulang-ulang sebenarnya mereka sedang belajar. Mereka seperti sedang mencari tahu beberapa hal ketika benda-benda mereka jatuhkan. Pertama mengapa setiap benda yang dijatuhkan ada yang suara jatuhnya A, ada juga yang suara jatuhnya C.
.
.
Selain itu, bayi juga belajar ketika benda A yang ia jatuhkan, reaksi bunda marah. Tetapi kok ketika benda B yang ia jatuhkan , bunda bereaksi berbeda atau lebih heboh atau lebih marah, atau reaksi perasaan lain. .
.
.
Hal ini penting sekali dirasakan bahwa ternyata dirinya bisa menimbulkan respon yang berbeda-beda dari orang atau benda di sekitarnya. Ia merasa dirinya MAMPU. Ketika bayi kita berikan kesempatan untuk bereksplorasi seperti ini, ia akan punya kesempatan banyak untuk merasa dirinya mampu. Bayangkan ketika perasaan bayi ini dirasakan berulang-ulang. Ia akan yakin bahwa dirinya mampu kemudian terbentuklah mampu melakukan sesuati sendiri dan lama-kelamaan menjadi mandiri.
.
.
Psikolog Anak dan Remaja,
Devi Sani Rezki M.Psi,Psikolog.

Posted By

0 comments