Social Skill Dan Mogok Sekolah

Hari Sabtu tanggal 26 Mei 2018 yg lalu saya mendampingi partner saya, Psikolog anak Devi Sani melangsungkan  #parentingwebinarclub dengan judul "Tolong, Anakku Mogok Sekolah!" Saat mendengarkan materi tsb saya baru sadar, ternyata saya pernah mogok sekolah! . . Jadi waktu itu saya kelas 6 SD, saya punya genk (tuh zaman dulu aja anak SD udah punya genk! 😂) isinya 4 orang. Dr kelas 4 sampai kelas [...]

Mogok Sekolah & Rasa Tidak bahagia Anak

Suatu waktu seorang klien datang menyampaikan bahwa anaknya mogok sekolah. Sudah 2 minggu sang anak tiap akan pergi sekolah, menangis dan selalu memohon untuk tidak pergi. Ketika ditanya ke gurunya pun tidak ada sama sekali yang membully. Tidak ada guru yang memarahinya. Pihak sekolah merasa sudah melakukan pendekatan yang baik pd anak tersebut. Ternyata saat konseling ditemukan bahwa penolakan anak se [...]

Kemandirian Dan Kesiapan Sekolah

Saya pernah mendampingi rekan saya mengisi seminar di salah satu TK, Kebetulan beliau sesama psikolog namun spesifikasinya memang psikolog sekolah dan kbtln mjd konsultan di TK maupun skolah dasar. Statement yg paling saya ingat dr beliau waktu itu begini: "Pak,bu kalau anak datang ke sekolah tasnya nggak usah dibawain ya,biarin bawa sendiri. Mau gak anaknya nanti lancar waktu masuk SD?" Lal [...]

ANAKKU MOGOK SEKOLAH

Seorang anak bernama K sekolah di TK. Namun semal sebelum hari pertama masuk sekolah, K terbangung beberapa kali karena mimpi buruk. Pagi hari, saat akan pergi sekolah, ia menangis dan memohon pada ibunya agar tidak pergi sekolah. Dia memeluk kaki ibunya dan tidak melepaskan. Sejak itu, setiap pagi K sulit sekali diajak sekolah dan semua anggota keluarga mulai merasa terganggu dengan keadaannya. . . Ibu [...]

Anak Bosan Sekolah,Harus Bagaimana?

Ada beberapa ayah bunda yang berkonsultasi karena anaknya sudah mulai terlihat ogah ogahan ketika ke sekolah, padahal kala itu usianya baruu aja mau masuk TK. Dr beberapa keluarga, setelah saya gali, anaknya sudah masuk ke sekolah sejak dini, rata rata usia antara 2-3 tahun. Di beberapa kasus, ternyata masih ada sekolah yang sejak usia dini sudah menuntut anak untuk duduk tenang. Kegiatannya kebanyaka [...]

Anak Takut Main di Playground

Suatu hari A seorang anak usia 3 tahun diajak pertama kalinya ke playground oleh ayah. Ayah berinisiatif menaikkan A ke sebuah ayunan yang aman untuk usia 3 tahun. Pikir ayah, “ayolah kita coba. Toh selama ini A selalu menolak bahkan menangis saat dinaikkan ke ayunan bayi”. Jangankan ayunan bayi, saat baru lahir dan ditimang-timang saja A langsung menangis dengan keras. Tidak seperti bayi lainnya, dul [...]

Kecemasan Yang Menular

Anak saya tidak pernah takut kecoa. Bahkan ia biasa saja ketika kecoa lewat. Suatu waktu ia bermain dengan saudaranya. Kebetulan ada kecoa lewat kemudian saudaranya lari sambil berteriak kecoa amat kencang. Hal itu membuat anak saya otomatis berlari juga dan menghindari kecoa. Wajahnya terlihat panik dan cemas juga. . . Kejadian ini bisa dikaitkan dengan bagaimana kecemasan terbentuk pada seorang anak. T [...]

Pentingnya Mengenal Bunyi Huruf

Pertanyaan top 10 yg sering diajukan ayah bunda terkait kesiapan sekolah adalah tentang bagaimana cara mengajarkan anak membaca. Di post sebelumnya saya menyinggung pentingnya membuat anak mencintai buku. Apakah ayah bunda menyadari mayoritas buku cerita anak dari luar negeri adalah buku cerita berima? Sebutlah beberapa buku anak Dr.Seuss. Lagu anaknya pun banyaak yg sekali yang berima.. Maksudnya apa [...]

Ketika Anak Mencintai Buku

Saat saya sedang berkunjung ke rumah teman saya yang baru lahiran, secara tidak sengaja saya terlibat obrolan ringan dengan mama nya teman saya ini. Si mama bertanya kepada saya sebenarnya bagaimana cara yg tepat untuk ngajarin anak agar cepat baca? Mengingat cucunya (anak dr kakaknya teman saya) sudah mau masuk SD di tahun ajaran baru nanti Justru saya yg bertanya balik kepada si tante, gimana dulu ca [...]

Anak Sulit Tenang di Sekolah

Makin tingginya harga tanah di kota-kota besar membuat sekolah-sekolah juga makin mengecilkan lapangan tempat bermainnya. Bahkan banyak sekolah yang sudah tidak lagi memiliki lapangan yang luas untuk tempat bermain, terutama jika letaknya di tengah kota. Jika pun ada, mungkin sekolahnya cukup mahal atau jika terjangkau, pasti sudah waiting list sejak anak masih di kandungan. Siapa yang merasa mengalam [...]

Perlukah Anak Masuk Playground?

Ketika membaca pertanyaan di atas dar ayah bunda, saya jadi ingat obrolan singkat saya dengan mbak  @ennolerian_  ketika sama sama dalam satu frame mengisi acara  @hijup celebration day beberapa waktu lalu.  Dengan santai,mba enno bilang gini "aku mah biarin aja abi main sepuasnya dulu di rumah,masukin sekolah nya nanti aja pas TK" Saya cukup takjub pas dengar kalimat ini mengingat beberapa tahun [...]

MELATIH ANAK MENDENGARKAN INSTRUKSI

Sejauh pengamatan saya beberapa tahun terakhir, banyak sekolah dasar (bahkan ada beberapa TK dan playgroup! 😱) yang melakukan tes kesiapan atau kematangan sekolah untuk seleksi masuk siswanya. Nah secara umum, kami (para psikolog) terkait pengukuran kemampuan daya pikir / kognitif, tidak hanya menilai anak dari sisi daya tangkap, kemampuan potensi calistung atau kemampuan komunikasi saja. Ada satu ha [...]

Anak Tenang di Hari Pertama Sekolah

Waktu KKN (Kuliah Kerja Nyata) zaman kuliah dulu, saya ditempatkan di pedesaan terpencil namanya Pondok Salam selama 2-3 bulan. Suatu hari kami diminta untuk ikut melihat sawah-sawah di sana. Tidak ada info yang jelas mengenai tempatnya. Hanya disuruh Pak Lurah “Ikut saja!”. . . Sepanjang perjalanan kami merasa terkaget-kaget, karena tiba-tiba ada ular. Pak Lurah sih sudah biasa. Kemudian tak lama kita [...]