ANAK MANDIRI

ANAK MANDIRI

.

Berdasarkan teori-teori yg saya pelajari & pengalaman saya mengurus 3 anak, saya pun menyimpulkan bahwa pada dasarnya setiap anak itu mau dan bisa jadi anak yg mandiri. Kenapa begitu?? Karena di setiap usia dan rentang perkembangannya pasti ada aja aktivitas yg mau anak pelajari & mau lakukan sendiri. Ya tidak?

.

Misalnya sekitar usia 9-12 bulan, anak udah mulai pengen pegang sendok sendiri saat makan. Lalu sekitar usia 12-24bulan, anak mulai masuk2in baju/celana/celana dalem ke kepalanya (tanda mulai bisa diajari pakai baju sendiri). Nah itu sedikit tanda2 dari anak bahwa ia ingin belajar melakukan kegiatan sendiri yg akhirnya membuat dia jadi mandiri. Tapi ketika anak menunjukkan perilaku2 tersebut, apa yg lingkungannya lakukan sbg respon? Apa yg papamamanya lakukan? Apa yg mbaknya lakukan? Memfasilitasi atau melarang? Mengajari atau malah marah karena jadi berantakan? Memberi kesempatan anak mencoba atau malah membantu anak sepenuhnya?

.

Respon2 orang sekitar itulah yang akhirnya membuat anak jadi belajar: kalau mau bisa harus coba2 terus, kan nanti kalau kesulitan bisa minta tolong ATAU ga usah repot lakuin sendiri kan nanti juga ada dibantuin.

.

Kita kan sebagai orangtua pengennya punya anak yg mandiri ya ayah ibu. Apalagikan kita tidak hidup selamanya. Kita pasti pengen anak kita bisa survive saat kita sudah tidak ada. Jadi yuk kita fasilitasi dari awal, dari pada kita bantu terus, nanti pas udah gede baru kita tiba2 berharap dia mandiri dgn sendirinya. Pasti anak kita juga sulit melakukannya kalau dia ga terbiasa.

.

Salam,

@sishisemet

Posted By

0 comments