ANAK MAU BERBAGI/SHARING

ANAK MAU BERBAGI/SHARING


.

Salah satu kemampuan sosial dasar yang penting dimiliki adalah kemampuan untuk berbagi. Jadi pasti semua orangtua pengen supaya anaknya bisa berbagi ya kan? Mau berbagi pada orang tua, saudara, teman, bahkan pada orang lain yg membutuhkan. Jadi setiap ada kondisi dimana anak berkesempatan berbagi pasti orangtua pengen anaknya mau berbagi. Sharing. Misalnya lagi playdate, ortu pasti sering bilang, sharing dong dek. Terus pas anaknya ga mau, malah makin ngekepin mainannya, biasanya ortu bilang, “ih kok kayak gitu sih. Kalau mau main sama2kan harus sharing.” Terus kalau anaknya msh ga mau juga atau malah marah2 ayah ibu jd kepikiran. Ih kok anak saya ga mau sharing ya... hayooo ada yg pernah ngerasa kyk gini?

.

Kalau ngadepin kondisi kyk gitu kita mesti liat dulu tuh. Anak kita usia berapa ya? Karena ternyata memang anak usia 3 tahun kebawah itu memang masih normal kalau blm bisa atau belum mau berbagi. Kenapa gitu? Karena memang perkembangan kognitif mereka yg memang masih egosentris, yg membuat mereka sulit utk melihat situasi dari sudut pandang orang lain. Jadi kalau pun disuruh berbagi krn ada orang lain yg pengen mainannya dia dan sedih kl dia ga mau bagi ya anak kita masih sulit paham. Yg ada kalau ortu paksa terus dan jadi marah bisa2 anak nangkepnya malah ortu marah dan ga sayang dia. Jdnya juga malah bisa tantrum.

.

Jadi, memang blm bisa dipaksa ya kl anak balita kita blm mau berbagi. Yg penting ttp dikasih kesempatan, dikasih contoh, diberi pujian kalau dia lg mau berbagi tanpa paksaan.

.

Salam,

@sishisemet , M.Psi, Psikolog

Posted By

0 comments