Membuat Anak Resilien (Tahan Banting) Dengan Cara Yang Happy



Penting gak ya membuat anak untuk membuat anak tahan banting? Penting donk. Apalagi hari gini. Bagaimana caranya? Sebenarnya kita bisa memupuk rasa tahan banting anak ini sejak dia batita. Caranya bagaimana?


 .

Pastikan ketika anak merasakan kegagalan, kekecewaan dan hal seperti itu kita ada mensupport dia di sisinya. Hal ini sebenarnya yg bisa membuat dia makin greget rasa tahan bantingnya dibanding hanya pernah merasakan kegagalan saja. Parental support penting..


.

Logikanya gini, kalau kita tahu pasti bahwa ada seseorang yang selalu ada untuk kita, mendukung kita, dan berada di pihak kita apa pun yang terjadi, kita jadi orang yang lebih berani ambil resiko dan kuat menghadapi hasil dari resiko itu. Well, anak juga sama. Kalau dia selalu ada org yg “on his side”, dia akan mau ambil resiko dan menjadi tahan banting.

.

Oke kalau saya bicara seperti ini saya yakin ibu-bapak banyak juga pengalamannya untuk mendidik anak tahan banting. Boleh donk bagi-bagi pengalamannya ke kita tentang pengalamannya menghadapi anaknyg sedang frutrasi karena tidak bisa-bisa melakukan suatu hal, apa yang ibu-ayah lakukan??. Boleh sesederhana ketika melihat batita kita frustrasi tidak bisa buka kotak mainannya, what would you do in that situation?.

.

Psikolog anak @devisani

Posted By

0 comments