Teknik Stimulasi Bahasa Sederhana

Kisah mama yang telaten “memancing” anaknya untk bicara dan Arsya (1 tahun 8 bulan). πŸ‘ΆπŸ»: (memandang bonekanya di atas meja. Berpikir bahwa ia tidak bisa mengambilnya karena meja tinggi.) πŸ‘©πŸ»: (mama menyaksikan dari dekat. Menahan diri dari menolongnya. Menunggu hingga Arsya berinisiatif berkomunikasi meminta tolong) πŸ‘ΆπŸ»: (mulai bersuara seperti minta tolong) “Bill....bill...bill” (maksudnya ambil) πŸ‘©? [...]

Tenangkan Diri Sebelum Tenangkan Anak

Kalau anak sedang tantrum, rasanya jadi ingin ikutan senewen juga ya? Akhirnya bisa jadi ujung-ujungnya malah memarahi anak, nangis sendiri karena merasa tidak kompeten dalam mendidik anak, atau justru mendiamkan tapi dengan perasaan yang mendongkol. . 
Nah hal tersebut dapat dihindari dengan TIDAK fokus pada solusi untuk secepatnya mendiamkan anak yang sedang tantrum. Apalagi kalau kejadiannya di temp [...]

Dialog Saat Kakak Menolak Kehadiran Adik Baru

Berikut contoh dialog konkrit menenangkan kakak Arka (5 tahun) di hari bunda-ayah akan memberi tahu (Awali seminggu sebelumnya dengan membacakan buku-buku tentang punya adik baru): . πŸ§”πŸ»: “Arka mau jadi kakak nih. Bayinya tumbuh di dalam perut mama sekarang. Nanti kita akan tunggu lamaaaaa sekali, baru deh bayinya siap keluar” πŸ‘¦πŸ»:”Mana bayinya?” πŸ§”πŸ»:” Nanti masih lama. Nanti perut mama besarrrr terus [...]

Dialog Saat Kakak Pilih Kasih

Kisah Aidan (7tahun) dan ibu yang selalu memakai logika dan mengabaikan perasaan. . . πŸ§‘πŸ»: “Mah, mama mah gitu gak pernah baik sama aku. Ade terus yang diperhatiin.“ πŸ§•πŸ»:”Mama pasti baiklah sama kamu. Kapan mama gak pernah baik. Mama sama aja kok sayangnya gak pernah beda-bedai..” πŸ§‘πŸ»:”Ah!! Mama gitu” πŸ§•πŸ»:”Udah tidur aja sana” Lihat, di atas orangtua seringkali buru-buru mau defense atau memberi nasehat [...]

Anak Merasa Dimengerti Dengan Kalimat Ini

Banyak orangtua mengira bahwa merefleksi perasaan anak berarti kita setuju dengan perasaan anak itu. Padahal tidak begitu. Merefleksi perasaan anak adalah skill penting yang wajib dimiliki orangtua dan masih jarang di beritahukan pada pelatihan-pelatihan parenting di Indonesia. . Merefleksi perasaan anak menunjukkan bahwa sebenarnya kita memahami perasaan anak meskipun kadang kita tidak setuju dengan p [...]

Dialog Saat Anak Memukul Kita

Kenzie (2,5thn) mau sesuatu. Mama melarang. Kenzie mulai marah sekali dan mau memukul mama.  πŸ‘©πŸ»: (Menahan tangan Kenzie yang sudah mau memukul kepala mama dan bicara tegas tapi tenang) “Tidak pukul. Mama sakit” πŸ‘ΆπŸ»:(Menendang mama) πŸ‘©πŸ»:”AWW!”(mulai emosi) πŸ‘©πŸ»:”Kenzie, kenzie marah mama larang. Boleh marah tapi NO pukul” πŸ‘ΆπŸ»:(Malah semakin marah dan mau pukul) πŸ‘©πŸ»: (Menjauh agar tidak terpukul. Menari [...]

Contoh Percakapan Memperbaiki Hubungan Setelah Kelepasan Membentak Anak

Kisah ibu yang menyesal sudah membentak anaknya. πŸ§•πŸ»:” Kak sikat gigi yuk udah malem nih” . πŸ‘¦πŸ»: ( Asik main sendiri. Tidak sama sekali mendengar) . πŸ§•πŸ»: (Nada mulai meninggi akibat kelelahan pulang kantor). “KAKAK!! Denger gak si kak, sikat gigi kak. Cepetan!!” πŸ‘¦πŸ»:”Tapi aku masih mau main”(sambil lanjut main)  πŸ§•πŸ»:(Akibat kelelahan ditambah PMS, hal sepele jadi dianggap besar)”SE-KA-RANG!!” . πŸ‘¦πŸ»:(J [...]

Jauh Lebih Penting Dari Semua Teknik Disiplin

Sebagian besar klien datang untuk menanyakan teknik disiplin, teknik mengatasi tantrum, teknik membuat anak nurut dan hal semacam itu. Bahkan bertanya SOP (Standard Operating Procedure) dalam mengasuh ananda tercintanya. (Macam di kantor saja 😬😬) Namun saya tidak bisa memberikan teknik yang mereka mau, sebelum saya bisa memastikan orangtua tsb telah membangun CONNECTION yang dalam dan bermakna dengan [...]

Kebutuhan Terdalam Anak

Salah satu reminder yang saya suka bilang ke orang tua adalah : anak tahu yang ia mau. Namun belum tahu apa yang ia butuh. Misalnya, ia tahu kalau ia tuh maunya permen. Maunya coklat. Maunya mainan. Tapi apa memang dia butuh itu? Lebih butuh mana sebenarnya : perhatian dari orang tuanya saat bermain atau mainannya itu sendiri. Ya sebenarnya.. perhatian orang tuanya. Namun itu dia masalahnya, ia belum [...]

Menumbuhkan Rasa Pantang Menyerah Sejak Bayi

Mau agar kelak bayi mungilnya menjadi anak yang pantang menyerah dan percaya diri? . Kuncinya ada si rasa tenang orangtua untuk tidak buru-buru membantu bayinya pada situasi yang tidak bahaya. Ketika bayi, sedang bereksplorasi dgn mainannya dengan lingkungannya, berikanlah bantuan SEMINIMAL mungkin. Mengapa? Agar bayi mendapatkan pengalaman berhasil atas usahanya sendiri,bukan dengan bantuan orang lain [...]

Teknik Agar Anak Tidak Kapok Curhat

Kisah anak yang lama-lama kapok curhat ke orangtua . πŸ‘§πŸ»: “Aku gak suka sama bu guru! Dia teriakin aku di depan semua orang” πŸ§”πŸ»:”Emang kamu ngapain sampe diteriakin sama bu guru?” πŸ‘§πŸ»:”Aku tadi ngobrol tapi temenku lagi curhat penting”. πŸ§”πŸ»:”Ya pantes aja nak” ATAU πŸ§”πŸ»: “Ee jangan bilang gitu” . Kisah orangtua yang membuat anak makin percaya bahwa orangtua tempat curhat TERBAIQQπŸ‘πŸ‘!  πŸ‘§πŸ»: “Aku gak suk [...]

Sebab Anak Terlindung Dari Pengaruh Negatif Lingkungan

Setiap anak punya tabungan relationship. Tabungan ini isinya cinta, kasih sayang, kepercayaan dirinya, keberhargaan dirinya, rasa percayanya terhadap anda, keyakinannya bahwa andalah safe place baginya di dunia yang keras ini. Tabungan ini ia bawa terus hingga ia besar nanti, yang membuatnya selalu menuruti perintah anda meskipun anda tidak berada disisinya, yang membuatnya bisa menghindari hal-hal neg [...]

Ciri Khas Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun (Part II)

Pada postingan sebelumnya (part 1) kita membahas bahwa ciri khas perkembangan anak usia ini adalah makin menunjukkan rasa untuk melakukan segalanya sendiri dengan caranya. Sehingga pada usia ini, anak akan terkesan butuh banyak nego untuk mau ikut arahan kita. . Salah satu tips untuk membantu ayah bunda menghadapi si kecil yg memasuki usia toddler (2-3 tahun) adalah mulailah membentuk rutinitas. Berika [...]