Hati-Hati Bilang "Kamu Tuh..."

Terkadang, kalau sedang dikuasai dengan kemarahan, rasanya ingin selalu menyalahkan hal-hal yang ada sekitar kita. Misalnya saat kita telat sampai kantor, yang terpikir “ya lagian sih jalanan macetbanget!” lalu merembet menjadi “Ahh.. kan tadi sih gara gara si papah sarapannya lama jadi mesti nungguin kan.. tadi si mbak juga bangun pake kesiangan, aku kan jadi harus ngurusin rumah dulu..telat deh tela [...]

2 Sebab Anak Tak PD

Bicara tentang percaya diri, saya jadi teringat klien saya, anak laki laki ganteng usia 10 tahun (sebut saja Andi) yang punya segudang potensi namun tampil menjadi anak pemalu dan nggak PD. . . Penyebab? Dari balita, dilarang untuk eksplorasi lingkungannya. Lagi belajar merayap naik tangga, digendong suruh turun. Lagi asik ngulik ngulik laptop papanya, dimarahin ☹️ “Takut luka/ kenapa kenapa, mbak. Trus [...]

Kukira Anakku Nakal, Ternyata...

Samy, 3 thn sedang main mobil-mobilan. Ayahnya mau ikut bermain bilang “Oo mobilnya bagus..dibelokin ke kanan..ke kiri, cepet banget!”. Tapi Samy cuek. Ayah coba lebih heboh, “tangan papa jadi terowongan. Masuk sini!Ayoo sini!”. Anak tetap cuek, ayah jd frutrasi dan merebut mobil, disembunyukan di belakarang punggung. Samy jadi ngamuk. Apa yang terjadi? Apakah samy nakal atau ayah yang tidak bisa menga [...]

Saat Anak Mulai "Nge-Gas"

Suatu malam, saat ibu sudah pulang kerja dan asik dengan kerjaannya, Dinta (3 tahun) yang seharian sudah kangen ibu sebenarnya ingin main sama ibu, tetapi merengek ngegas minta coklat agar mendapat perhatian ibu. Perkembangan berpikirnya yang masih sederhana di usia 3 thn ini, membuatnya hanya tahu cara ini untuk mendapat perhatian ibunya πŸ™πŸ™ πŸ‘§πŸ»​: “Mamaaaa aku mau cokelaaaaattt” (di tengah malam, pa [...]

Setenang Itu Saat Anak Tantrum

Arsi (4thn) jarang tantrum. Tapi hari ini ia marah tidak diberikan eskrim oleh mama, sebab ia sedang batuk. Respon pertama πŸ‘§πŸ»:”MAU ESKRIM!” (teriak&nangis) πŸ‘©πŸ»‍🦱: “Kamu lagi sakit gak boleh nak. Kalau sakit disuntik dokter mau?” (Saat anak sedang emosi, logikanya akan sulit “diajak” berdiskusi) πŸ‘§πŸ»:”MAU ESKRIM!!! πŸ‘©πŸ»‍🦱:”Enggak.liat tuh. Gajahnya gede banget. Kita lihat gajah yuk. Diem dulu kalo [...]

Teknik Saat Anak Tidak Tepati Janji (untuk usia >5 tahun)

Kita ambil contoh kasus ibu Andin (nama samaran) yang punya anak laki-laki, sebut saja Dito (6 tahun), yang selalu berjanji akan kerjakan PR namun tidak pernah ditepati. Apa yang harus dilakukan?  - Selalu ingat untuk acknowledge feeling anak terlebih dahulu di awal percakapan. Terima perasaan anak bahwa memang sangat tidak menyenangkan rasanya harus bikin PR sedangkan banyak temannya di komplek yang t [...]

Saat Kakak Selalu Diminta Mengalah

Kalau kita lagi pakai pensil. Tiba-tiba ada yang datang kemudian merebut pensil kita tiba-tiba. Dia bilang “Saya mau, kamu udah kelamaan pakainya”. Tentu kita akan kesal. Sebagai orang dewasa, kita pasti akan meminta dia menunggu sebelum merebut pensil itu. Saat kita sudah selesai pakai, kita akan memberikan dengan sukarela dan senang hati. 
Hal ini berlaku juga untuk anak. Anak tersebut akan memberika [...]

Agar Anak Mau Mengakui Perbuatannya

Kisah ibu yang terpancing emosi karena anak berbohong . Ibu​: Siapa yang pecahin vas bunga ini? Adek ya?? Dida​: Bukan aku! Ibu​: Adek ga boleh bohong! Ayo ngaku! Dida​: IIhh bukan aku maaaa!! Ibu​: Kamu kok kecil kecil uda suka bohong! Mama lihat tadi kamu senggol vasnya, kamu udah nggak boleh lagi main ke luar rumah, biarin aja! Dida​: Mama Jahat!! . Kisah ibu yang dengan sabar membuat anak akhirnya mengak [...]

Teknik Stimulasi Bahasa Sederhana

Kisah mama yang telaten “memancing” anaknya untk bicara dan Arsya (1 tahun 8 bulan). πŸ‘ΆπŸ»: (memandang bonekanya di atas meja. Berpikir bahwa ia tidak bisa mengambilnya karena meja tinggi.) πŸ‘©πŸ»: (mama menyaksikan dari dekat. Menahan diri dari menolongnya. Menunggu hingga Arsya berinisiatif berkomunikasi meminta tolong) πŸ‘ΆπŸ»: (mulai bersuara seperti minta tolong) “Bill....bill...bill” (maksudnya ambil) πŸ‘©? [...]

Tenangkan Diri Sebelum Tenangkan Anak

Kalau anak sedang tantrum, rasanya jadi ingin ikutan senewen juga ya? Akhirnya bisa jadi ujung-ujungnya malah memarahi anak, nangis sendiri karena merasa tidak kompeten dalam mendidik anak, atau justru mendiamkan tapi dengan perasaan yang mendongkol. . 
Nah hal tersebut dapat dihindari dengan TIDAK fokus pada solusi untuk secepatnya mendiamkan anak yang sedang tantrum. Apalagi kalau kejadiannya di temp [...]

Dialog Saat Kakak Menolak Kehadiran Adik Baru

Berikut contoh dialog konkrit menenangkan kakak Arka (5 tahun) di hari bunda-ayah akan memberi tahu (Awali seminggu sebelumnya dengan membacakan buku-buku tentang punya adik baru): . πŸ§”πŸ»: “Arka mau jadi kakak nih. Bayinya tumbuh di dalam perut mama sekarang. Nanti kita akan tunggu lamaaaaa sekali, baru deh bayinya siap keluar” πŸ‘¦πŸ»:”Mana bayinya?” πŸ§”πŸ»:” Nanti masih lama. Nanti perut mama besarrrr terus [...]

Dialog Saat Kakak Pilih Kasih

Kisah Aidan (7tahun) dan ibu yang selalu memakai logika dan mengabaikan perasaan. . . πŸ§‘πŸ»: “Mah, mama mah gitu gak pernah baik sama aku. Ade terus yang diperhatiin.“ πŸ§•πŸ»:”Mama pasti baiklah sama kamu. Kapan mama gak pernah baik. Mama sama aja kok sayangnya gak pernah beda-bedai..” πŸ§‘πŸ»:”Ah!! Mama gitu” πŸ§•πŸ»:”Udah tidur aja sana” Lihat, di atas orangtua seringkali buru-buru mau defense atau memberi nasehat [...]

Anak Merasa Dimengerti Dengan Kalimat Ini

Banyak orangtua mengira bahwa merefleksi perasaan anak berarti kita setuju dengan perasaan anak itu. Padahal tidak begitu. Merefleksi perasaan anak adalah skill penting yang wajib dimiliki orangtua dan masih jarang di beritahukan pada pelatihan-pelatihan parenting di Indonesia. . Merefleksi perasaan anak menunjukkan bahwa sebenarnya kita memahami perasaan anak meskipun kadang kita tidak setuju dengan p [...]

Dialog Saat Anak Memukul Kita

Kenzie (2,5thn) mau sesuatu. Mama melarang. Kenzie mulai marah sekali dan mau memukul mama.  πŸ‘©πŸ»: (Menahan tangan Kenzie yang sudah mau memukul kepala mama dan bicara tegas tapi tenang) “Tidak pukul. Mama sakit” πŸ‘ΆπŸ»:(Menendang mama) πŸ‘©πŸ»:”AWW!”(mulai emosi) πŸ‘©πŸ»:”Kenzie, kenzie marah mama larang. Boleh marah tapi NO pukul” πŸ‘ΆπŸ»:(Malah semakin marah dan mau pukul) πŸ‘©πŸ»: (Menjauh agar tidak terpukul. Menari [...]