Mengelola Emosi Bayi

Mengelola Emosi Bayi
Haloo ayah bundaa
Pernah tidak ayah bunda ada di momen lagi capeeekkk bangettt sampai-sampai tidak sadar kalau si kecil sudah nangis kejeeer banget mungkin sampai batuk batuk? Atau lagi asik main rattles sama si kecil tiba-tiba si bayi berubah ekspresi wajahnya yang tadinya ketawa seneng ehh melengos, gak lama kemudian nangis.. Waahh panikk dehh


Banyak orangtua yang bertanya ke saya: mbak,anak saya bakal trauma gak yaa? Duh saya kok ga bisa konsisten yaa sama kebutuhan dia.. saya nyesel.. kesel sm diri saya sendiri.. dan seterusnya..


Tapi tahukah ayah dan bunda, menurut penelitian bahwa dari sekumpulan orangtua yang dianggap sangat attuned dengan kebutuhan bayi, mereka hanya berhasil "membaca" cues yg ditunjukkan oleh bayi dengan cepat dan tepat HANYA sebanyak 30% saja? Soo dont be too hard to yourself ya parents ????


Naah lalu apa yg bisa kita lakukan saat kita merasa gagal berespon dengan cepat dan tepat?
Cukup bersikap dengan tenang.. Kembali hadir bersama anak dengan empati, belai lembut si kecil, timang timang lalu tenangkan dia yang sedang menangis sesenggukan... yang penting langsung sigap perbaiki hubungan dengan si kecil..


Sisi baiknya, kondisi kondisi missed yang terjadi memberikan kesempatan bagi bayi untuk belajar menenangkan dirinya sendiri tanpa bantuan orangtua.. Selama kita dengan cepat dapat segera repair the relationship,nantinya bayi akan tumbuh jadi anak yang tangguh dengan kemungkinan buruk yang terjadi di kehidupannya.. ????


So it will gonna be okaaaaay, parents ????


Salam,
Belinda Agustya,M.Psi.,Psikolog

Posted By

0 comments