TEMPER TANTRUM YANG PERLU MENDAPAT PERHATIAN KHUSUS

TEMPER TANTRUM YANG PERLU MENDAPAT PERHATIAN KHUSUS





.

Temper tantrum merupakan hal yg wajar terjadi pada anak usia balita, terutama saat anak merasa lapar, lelah, atau sedang sakit. Namun hasil penelitian menemukan bahwa beberapa jenis tantrum bila ditampilkan oleh anak diatas usia 3 tahun, bisa jadi merupakan suatu tanda bahwa anak mengalami isu yg lebih serius dan perlu dievaluasi oleh profesional.

.

Beberapa jenis tantrum tersebut adalah:

1. Aggressive temper tantrum, dimana saat mengalami tantrum anak bersikap agresif terhadap orang tua/caregiver (menendang, mencakar, menggigit, menampar, menggigit, menjambak) atau berusaha merusak mainan/barang2 di sekitarnya.

2. Self-injurious tantrum, dimana anak berusaha melukai dirinya sendiri (mencakar, membenturkan kepala, menggigit diri sendiri) saat sedang tantrum.

3. Frequent tantrum. Tantrum dikategorikan frequent bila tantrum terjadi sangat sering, misalnya lebih dari 5x (tantrum yg berbeda) dalam sehari, beberapa hari dalam seminggu.

4. Prolonged tantrum, dimana anak dalam sekali tantrum bisa menghabiskan waktu sampai lebih dari 25 menit. Sedangkan umumnya durasi tantrum anak adalah sekitar 11 menit.

5. Tantrum requiring external help. Pada usia 3tahun anak umumnya sudah mampu menenangkan dirinya sendiri. Bila pada usia ini anak tidak mau berhenti tantrum sendiri atau tanpa sogokan, berarti bisa termasuk ke dalam tantrum jenis ini.

.

Selain penyebab tantrum, orang tua juga dapat memperhatikan perilaku anak saat tantrum. Bila sekiranya masuk dalam jenis2 tantrum di atas sebaiknya kondisi anak dievaluasi lebih lanjut oleh profesional.

.

Semoga bermanfaat ya Ayah Ibu,

@sishisemet , M.Psi, Psikolog Anak

Posted By

0 comments