DISIPLIN POSITIF

DISIPLIN POSITIF






Kalau dalam ilmu psikologi, kata disiplin berarti memberikan bimbingan. Namun sering disalahpahami, disiplin identik dengan kekerasan untuk mengatur serta mengontrol seseorang atau mengatur dengan paksaan sehingga sering dikaitkan dengan punishment. Padahal tidak begitu makna disiplin sesungguhnya.





Kemudian, muncullah istilah #disiplinpositif . Menerapkan disiplin positif merupakan hal yg amat mungkin dan sangat bisa dilakukan. Perlu diingat disiplin positif juga bukan berarti menjadi orangtua yang "memanjakan" anaknya atau membiarkan anak tidak tahu aturan. Namun kita menggunakan cara-cara yg tidak merusak hubungan dengan anak untuk membuat anak tetap bisa melakukan perbuatan baik ada atau tidak adanya kita di samping dia. Inilah self-discipline, inti dr disiplin positif.





Ohiya, sekarang banyak sekai teknik-teknik disiplin dari A sampai Z bahkan klien selau brtanya teknik disiplin yg paing tokcer. Jawaban saya sbg psikolog anak sebagai orangtua adalah: Role model dari orangtualah yg paling baik untuk mengajarkan anak self-discipline. Update berikutnya kita coba belajar teknik-teknik disiplin positif dgn lebih detail yaa.





Selamat bermain keluarga Indonesia

(oleh PSIKOLOG ANAK YULITA P,M.PSI,PSI dan DEVI SANI,M.PSI,PSI)

Posted By

0 comments