VARIASI TEKNIK BERCERITA UNTUK STIMULASI BAHASA BATITA (TEKNIK 3)

VARIASI TEKNIK BERCERITA UNTUK STIMULASI BAHASA BATITA (TEKNIK 3)

Saya kaget dengan cerita orangtua-orangtua yang menghabiskan waktu bermain dengan anaknya bisa sampai dua jam bahkan 3 jam non-stop. Dalam pikiran saya pasti melelahkan karena memang harus kita akui menemani anak bermain itu ada capeknya juga.



Tapi setelah fase curhat yg panjang bersama ortu-ortu ini ternyata 3 jam bermain itu dilakukan dengan “nyambi”. Sambil balesin chat, sambil beres-beres, sambil suapin adeknya yg masih mpasi. Pertanyaan lain kemudian muncul “yahh jadi gak boleh nyambi? Gak kelar urusan dnk?”.



Nah ini dia. Kalau saya setiap hari itu ada yg namanya “Special Time”, yaitu waktu dimana saya fokus #BERMAIN sama anak saya yg itu. Tanpa TV , tanpa HP, tanpa suami/ anak lain. Just you and me! Berapa lama? 10 menit per hari. Main apa? APA SAJA YG ANAK SAYA MAU, dia yang tentukan. “Kok sedikit waktunya? Nanti anaknya kurang perhatian?” Hmmm gak juga sebenarnya, karena di 10 menit yang berharga itu saya benar2 fokus dengan anak saya, tidak yang lain. Dan bagi saya ini cukup untuk mengisi kebutuhan dia akan perhatian saya untuk hari itu.



Di luar 10 menit itu saya juga mungkin masih bersamanya, tapi setelah special time kami berakhir saya akan bersama dia namun inilah saat “nyambi” saya dimulai. Mengerjakan yang lain sambil mungkin tetap bersamanya.



Dalam 10 menit ini kita harus BERMAIN yaa, bukan tanya-tanya dia ttg huruf, tanya-tanya ttg angka, flash card (hmm kurang suka fcard nih saya, maaf ya). Hanya MAIN, have fun together, dan anak yang memilih untuk main apa. Nah biar mainnya bisa sambil menstimulasi bahasanya kita bisa pakai teknik ini: Ambil dua benda, misalnya boneka dan tempat tidur mainan. Lalu buat ceritak dari 2 objek tersebut. Cerita sederhana. 3 kalimat tapi ada awal-tengah-akhir. Contohnya: bonekanya mau bobo. Jadi dia buka selimutnya. Lalu dia bobo deh”. Ingat kita sedang bicara batita. Kalimatnya pendek dulu yaa. Ini tips dari buku “Small Talks” karangan Terapis Wicara Lathey dan Blake.



Silahkan dicoba ya

Psikolog Anak Devi Sani

Posted By

0 comments