STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA BAYI DENGAN MENINGKATKAN DAYA INGATNYA

STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA BAYI DENGAN MENINGKATKAN DAYA INGATNYA

.

Secara umum perkembangan bahasa bayi terbagi dua: kemampuan bicara (ekspresif) dan kemampuan memahami (reseptif). Agar bayi dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan ini secara optimal, ia perlu memiliki daya ingat yg baik. Daya ingat yg baik membantu anak menyerap, menyimpan, dan memahami informasi atau kata-kata yg ia dapat dari interaksinya sehari-hari dengan orang-orang disekitarnya.

.

Salah satu tahap perkembangan area Bahasa yg diharapkan dari anak usia batita adalah mampu mengingat dan menjalankan instruksi sederhana 2 tingkat. Misalnya “ambil bola di kamar, terus tendang ke mama yuk dek” atau “lepas sepatunya lalu taruh di rak sepatu di depan pintu ya”. Anak perlu daya ingat yang baik untuk mengingat instruksi ini sehingga dapat melakukannya dengan tepat. Ini juga dapat merangsang pemahaman anak mengenai instruksi, yang termasuk dalam area bahasa reseptifnya.

.

Sekarang, gimana cara menstimulasinya? Bisa sambil bermain nih ayah ibu. Misalnya bermain pesan berantai: ibu bisikkan pesan pada anak (2 kalimat sederhana: misalnya ayah berputar di karpet lalu lompat kelinci ke arah ibu) lalu anak membisikkan pesan tersebut pada ayah. Selanjutnya ayah harus menampilkan pesan yang disampaikan. Mau coba? Kalau ada ide lain juga silahkan share di sini ya.. ????

.

Salam,

Yulita Patricia Semet, M.Psi, Psikolog

Posted By

0 comments