PENTINGNYA AKTIVITAS FISIK UNTUK KESEHATAN PIKIRAN ANAK

PENTINGNYA AKTIVITAS FISIK UNTUK KESEHATAN PIKIRAN ANAK





Pernah dengar tidak bahwa di dalam tubuh yg sehat terdapat jiwa yang kuat. Tidak hanya itu, ternyata juga dengan tubuh yang sehat, kemampuan berpikir kita menjadi lebih terstimulasi.

Anak saya yang memiliki masalah sensori juga diberi saran oleh seorang dokter anak terkemuka Indonesia untuk latihan jalan pagi rutin setiap hari dengan jarak yang makin hari makin jauh untuk apa? Selain menguatkan otot badannya (karena dia terdiagnosa low tones), jalan pagi rutin terprogram juga melatih anak latihan melihat “pemandangan jarak jauh” yang mana hal ini bisa membantu ia untuk lebih fokus dan memusatkan perhatian. Tapi tentunya perlu konsisten agar tubuh terbiasa.

Latihan fisik konsisten teratur juga membuat seorang anak bisa memenuhi kebutuhan geraknya. Tiap anak punya kebutuhan gerakn yang berbeda-beda. Anak A muter lapangan 1x sudah capek dan siap untuk istirahat, diam dan tenang. Tapi ada juga anak yang lari 5x keliling lapangan pun belum bisa tenang. Masih perlu bergerak lagi agar kemudian bisa tenang.



Tipsnya kalau punya anak jenis kedua caranya antara lain dengan berjalan kaki ke sekolah atau turun dari mobil beberapa meter dari sekolah agar anak bisa berjalan mengeluarkan energinya. Sampai sekolah, ia bisa jadi lebih tenang tak seperti bola tenis????. Yuk lebih banyak aktivitas bermain gerak fisik. Say bye bye dulu ya dgn TV dan gadget lain yg membuat pasif.

Selamat bermain keluarga Indonesia

Psikolog Anak Devi Sani,M.Psi

Posted By

0 comments